Viral, Foto Eks Presiden Timor Leste Panggul Bantuan untuk Korban Banjir

Xanana Gusmao antar bantuan untuk korban banjir. (Facebook/Mariano Costa)

Dili, Batamnews - Foto Presiden pertama Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao yang beredar di media sosial membuat warganet riuh, karena ia turun langsung ke lapangan untuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir.

Pengunggah foto pertama Xanana Gusmao adalah Mariano Costa. Dalam akun Facebook miliknya, Mariano menunjukkan Xanana berpakaian sangat sederhana memanggul bahan makanan.

Hanya memakai kaos oblong polos, Xanana tampak membaur dengan warga yang jadi korban banjir. Belakangan, rutin Xanana Gusmao mengunjungi korban banjir di berbagai penjuru kota.

Ada beberapa foto dan video yang diunggah oleh Mariano, di antaranya Xanana saat berbaur dengan korban di tengah lapangan berlumpur.

Hujan deras disertai badai terjadi di Timor Leste pada 3 April. Puncaknya, banjir bandang dan tanah longsor menerjang beberapa kawasan di Timor Leste pada 4 April dini hari.

Badai Siklon Tropis juga menerjang NTT dengan jumlah korban jiwa mencapai 163 orang. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebutkan korban terbanyak ada di Kabupaten Flores Timur.

"Secara keseluruhan untuk NTT korban meninggal sebanyak 163 orang dan 45 orang hilang," ujar Doni dalam konferensi pers virtual yang dipantau dari Jakarta, Kamis.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan Siklon Tropis Seroja mulai bergerak menjauhi wilayah Indonesia, mengarah ke Samudera Hindia.