Siasati Larangan Mudik, Perantau di Batam Pulang Kampung Lebih Awal

Siasati Larangan Mudik, Perantau di Batam Pulang Kampung Lebih Awal

Calon penumpang mengantre layanan tes GeNose19 di Bandara Hang Nadim, Batam. (Foto: Reza/batamnews)

Batam, Batamnews - Arus keberangkatan penumpang di Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Kepulauan Riau meningkat drastis pada Sabtu (10/4/2021).

Lonjakan penumpang ini ditengarai sebagai siasat warga pendatang untuk pulang ke kampung halamannya, sebelum larangan mudik diberlakukan pada 6 sampai 17 Mei 2021 mendatang.

Risky, salah satu calon penumpang tujuan Jakarta mengaku memilih pulang lebih awal karena ingin segera berkumpul dengan keluarga.

Ia memilih pulang kampung saat ini, karena belum ada kebijakan larangan mudik.

"Saya di sini (Batam) lagi cari kerja, belum dapat ya mending pulang dulu ke kampung," ujar Risky yang mengaku berasal dari Purwakarta, Jawa Barat.

Bersama dengan empat rekannya, Risky akan melanjutkan perjalanan ke Purwakarta setiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sementara Sri Wahyu, perantau asal Jawa Tengah memilih pulang kampung lebih awal karena tak ingin kerepotan saat larangan mudik diberlakukan.

"Setiap tahun saya memang pulang kampung sebelum puasa dan baru balik lagi ke Batam dua pekan setelah Lebaran," kata Sri yang tinggal di Sei Beduk.

Bersama keluarganya, Sri sudah menyiapkan segala keperluan mudik seperti tes antigen hingga mengisi paspor perjalanan di masa pandemi Covid-19 atau e-HAC.

Dari pantauan Batamnews di Bandara Hang Nadim, terlihat penumpang mencapai ratusan akan melakukan keberangkatan. Bahkan, penerapan protokol kesehatan juga terlihat terabaikan.

Antrean panjang calon penumpang juga terlihat di konter layanan tes GeNose19 dan antigen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews