Teten Masduki Sebut 12 Juta Pelaku UMKM Beralih ke Digital

Teten Masduki Sebut 12 Juta Pelaku UMKM Beralih ke Digital

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan bahwa ada 12 juta pelaku UMKM sudah bertransformasi ke dalam ekosistem digital. (Foto: Antara)

Jakarta, Batamnews - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan bahwa terdapat 12 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang sudah bertransformasi ke dalam ekosistem digital, naik dari 8 juta pada awal 2020.

"UMKM yang hadir dalam ekosistem digital tumbuh mencapai lebih dari 19 persen populasi pelaku usaha atau 12 juta UMKM," ujarTeten dalam Pembukaan UKM Jabar Paten, Sabtu (3/4)/2021.

Ia menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong seluruh pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital demi memperluas pasar.

"Pemerintah, pemangku kepentingan, semua berkolaborasi demi target 30 juta UMKM yang terhubung ke ekosistem digital pada 2023," kata Teten.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, meminta seluruh pihak untuk bekerja sama dan fokus agar target 30 juta pelaku UMKM terhubung dengan ekosistem digital dapat terwujud.

Menurut Luhut, jika setengah dari pelaku UMKM telah terintegrasi dalam sistem teknologi, maka roda ekonomi nasional akan bergerak lincah.

Luhut mendasarkan argumennya pada kenyataan bahwa UMKM menyerap 97 persen tenaga kerja dan berkontribusi 60 persen terhadap pembentukan produk domestik bruto (PDB).

"Saya senang kita semua tidak hanya omong tapi membeli, menggunakan produk anak bangsa, merealisasikan, memesan, dan belanja produk artisan Indonesia," ucap Luhut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews