Kabar Baik Buat UMKM: Stimulus Rp 400 Miliar Dirilis Ramadan Ini

Kabar Baik Buat UMKM: Stimulus Rp 400 Miliar Dirilis Ramadan Ini

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan dalam waktu dekat pemerintah akan memberikan stimulus untuk UMKM. Stimulus yang nilainya sekitar Rp 400 miliar ini akan diluncurkan pada 20 April 2021.

"Laporan yang saya dapat demand terus naik, dan juga nanti stimulus Rp 400 miliar tanggal 20 bulan ini akan diluncurkan," katanya dalam acara pembukaan UKM Jabar yang disiarkan YouTube Kemenkop UKM, Sabtu (3/4/2021).

Namun, Luhut tidak merinci pemanfaatan stimulus Rp 400 miliar tersebut, termasuk akan masuk dalam program apa nantinya. Selanjutnya, Luhut mengatakan pada periode Juni-Juli 2021 pemerintah juga akan meluncurkan stimulus dengan nilai Rp 2 triliun. Stimulus ini untuk membantu program bangga berwisata di Indonesia.

"Juni-Juli akan diluncurkan Rp 2 triliun untuk bangga wisata di Indonesia. Ini saya pikir langkah-langkah pemerintah betul-betul proaktif untuk membangun ekonomi kita lebih kuat," jelasnya.

Luhut juga menginformasikan bahwa pemerintah berhasil menghemat sekitar US$ 17 miliar dari alokasi anggaran belanja modal dan belanja barang yang mencapai Rp 1.300 triliun. Anggaran yang berhasil dihemat ini akan dimanfaatkan untuk mengembangkan UMKM nasional.

"Untuk produk-produk di dalam negeri, itu termasuk teknologi termasuk barang-barang seperti kita lakukan sekarang dan itu peran UMKM," ungkapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews