Korban Tewas Kereta Api di Taiwan Bertambah, Kini 41 Orang

Korban Tewas Kereta Api di Taiwan Bertambah, Kini 41 Orang

Kecelakaan kereta api di Taiwan. (Foto: reuters)

Taiwan, Batamnews - Sebuah kereta api tergelincir dari terowongan di bagian timur Taiwan dan diperkirakan menabrak sebuah truk sehingga mengakibatkan sedikitnya 41 orang tewas dan 80 orang lebih dinyatakan terluka.

Pihak pemadam kebakaran menyatakan kereta yang menuju Taitung itu keluar dari rel di sebuah terowongan di utara Hualien yang menyebabkan beberapa gerbong menabrak dinding terowongan.

Kementerian transportasi menyebutkan jumlah korban tewas dalam bencana itu mencapai 36 orang. Sementara itu, lebih dari 72 orang terluka dan sekitar 60 telah dibawa ke rumah sakit.

Kereta itu membawa sekitar 350 orang, dan saat ini upaya penyelamatan sedang berlangsung.

Kecelakaan terburuk dalam 3 dekade terakhir

Dugaan kronologi disampaikan oleh dinas pemadam kebakaran yang menunjukkan gambar puing-puing truk yang tergeletak di samping bagian dari kereta yang tergelincir.

Menteri Transportasi Taiwan mengatakan kejadian ini adalah bencana kereta paling mematikan dalam tiga dekade terakhir. Lebih dari 72 orang terluka dan sekitar 60 orang telah dilarikan ke RS.

Mengutip Reuters, kereta membawa sekitar 350 orang. Lebih dari 80 orang telah dievakuasi dari empat gerbong kereta pertama, sementara gerbong lima hingga delapan rusak parah dan sulit diakses.

Pihak pemadam kebakaran setempat menyampaikan bahwa kereta tersebut berangkat menuju Taitung dan kehilangan kendali di sebuah terowongan di utara Hualien. Ini membuat beberapa gerbong menghantam dinding terowongan.

Dalam sejarah kecelakaan kereta api di Taiwan, pada 1981, 30 orang meninggal akibat tabrakan di Taiwan utara. Pada 2018, 18 orang tewas dan 175 orang terluka ketika kereta tergelincir di timur laut Taiwan.

Rekaman video

Kecelakaan diduga diakibatkan sebuah truk yang terparkir di badan lintasan kereta api. Kereta yang sebelumnya tergelincir kemudian menabrak truk yang terparkir tersebut.

Dilansir dari CNN, sebuah video di media sosial menunjukkan kesaksian penumpang saat kecelakaan kereta itu terjadi.

Dalam video tersebut, terdengar seorang pria mengatakan, "Kereta kami menabrak truk. Di mana tempat ini? Terowongan Qingshui, kecelakaan terjadi di Terowongan Qingshui. Kereta menabrak truk, truk jatuh. Beruntung saya berada di gerbong selanjutnya - saya berada di gerbong keempat."

Seorang wanita juga terdengar berteriak dari dalam terowongan. "Apakah semua orang di gerbang empat?"

Nampak bagian-bagian kendaraan industri alat berat, dan video menunjukkan benda seperti pintu mobil di samping kereta yang tergelincir. Kereta yang mengalami kecelakaan tersebut membawa 490 penumpang.

Penumpang lain yang bersedia berbagi cerita adalah sepasang suami istri.Mereka mengatakan perjalanan yang ditempuhnya untuk melakukan Hari Pembersihan Makam.

Suami istri tersebut mengatakan kepada media milik pemerintah CNA, sedang dalam perjalanan ke Taitung untuk membersihkan kuburan dan memberikan penghormatan kepada anggota keluarga yang meninggal.

Kecelakaan itu terjadi bertepatan dengan Hari Pembersihan Makam di Taiwan, sehingga banyak penumpang bahkan ada yang berdiri.

Menurut laporan Reuters, kecelakaan kereta menabrak truk di Taiwan tersebut mengakibatkan setidaknya 41 orang meninggal dunia dan lebih dari 81 orang terluka.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews