Kereta Ekspres Tergelincir di Taiwan, 36 Orang Tewas

Kereta Ekspres Tergelincir di Taiwan, 36 Orang Tewas

Kecelakaan kereta ekspres di Taiwan yang menewaskan puluhan orang penumpang. (Foto: Channel News Asia_

Taipei, Batamnews - Sedikitnya 36 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika sebuah kereta tergelincir di sebuah terowongan di Taiwan pada Jumat (2/4/2021).

Kereta itu, sebuah kereta ekspres yang melakukan perjalanan dari Taipei ke Taitung yang membawa banyak turis pada awal akhir pekan, tergelincir dari rel di utara Hualien di Taiwan timur, kata petugas pemadam kebakaran, dilansir Channel News Asia.

Gambar dari lokasi kecelakaan menunjukkan gerbong di dalam terowongan robek akibat benturan, sementara yang lain ambruk, menghalangi penyelamat untuk mencapai penumpang.

Kereta itu penuh, membawa sekitar 350 orang, kata petugas pemadam kebakaran.

Dalam pembaruan operasi penyelamatan terbaru mereka, polisi mengatakan 36 penumpang diklasifikasikan sebagai "serangan jantung di luar rumah sakit" - istilah untuk seseorang yang tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Pernyataan polisi mengatakan 72 orang masih terjebak di dalam gerbong kereta sementara 61 penumpang telah dilarikan ke rumah sakit.

Sebuah video singkat yang dirilis oleh Pusat Operasi Darurat Pusat di dalam terowongan menunjukkan penyelamat tiba di tempat kejadian dan satu pintu kereta bengkok.

Siaran langsung lain oleh jaringan berita lokal UDN menunjukkan setidaknya dua gerbong kereta yang tidak rusak di luar terowongan terlihat sejumlah penyelamat mengevakuasi penumpang.

Antara 80 hingga 100 orang telah dievakuasi dari empat gerbong kereta pertama, sementara gerbong lima hingga delapan telah "berubah bentuk" dan sulit diakses, kata departemen pemadam kebakaran.

Media lokal mengatakan kecelakaan itu diyakini disebabkan oleh kendaraan konstruksi yang meluncur dari tanggul dan menabrak kereta saat melewati terowongan.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan bagian belakang truk flatbed kuning di sisinya di samping kereta.

"Kereta kami menabrak truk," kata seorang pria dalam sebuah video yang disiarkan di televisi Taiwan, menunjukkan gambar-gambar reruntuhan itu. "Truk itu jatuh."

Bagian depan kereta terletak di luar terowongan, dan mereka yang berada di gerbong yang masih berada di dalam terowongan dibawa ke tempat aman, kata administrasi kereta api Taiwan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews