Amankah Olahraga Usai Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Kata Ahli

Amankah Olahraga Usai Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Kata Ahli

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Di tengah maraknya program vaksinasi Covid-19, mungkin ada orang yang berpikir ingin lebih baik menjaga kebugaran tubuhnya dengan berolahraga.

Ahli penyakit infeksius dr David Wyles dari Denver Health menjelaskan vaksin memang bisa menimbulkan efek samping, namun secara umum bersifat ringan.

Efek samping bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari sehingga seharusnya tidak terlalu menjadi halangan bagi seseorang untuk beraktivitas seperti biasa.

"Saya pikir tidak ada hal yang berbahaya bila ingin olahraga usai mendapat vaksin," kata dr David seperti dikutip dari Health, Kamis (1/4/2021).

Bila memang seseorang mengalami efek samping, maka disarankan memilih olahraga santai. Sebagai contoh, bila lengan terasa nyeri tapi seluruh tubuh tidak ada masalah, mungkin olahraga yang dilakukan bisa fokus pada otot inti atau otot kaki.

Contoh lainnya bila timbul efek samping lemas usai vaksinasi, pilih olahraga yang tidak terlalu menuntut fisik, seperti jalan kaki.

"Tidak ada larangan berolahraga usai mendapat vaksin. Selama kamu masih bisa menoleransi efek samping yang dirasakan," komentar ahli penyakit infeksius lainnya, dr Aditya Shah, dari Mayo Clinic.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews