Tarik Duit di ATM Singapura Kini Tak Perlu Kartu, Cukup Pindai Wajah

Tarik Duit di ATM Singapura Kini Tak Perlu Kartu, Cukup Pindai Wajah

Mesin ATM berteknologi biometrik wajah di Singapura. (Foto: OCBC via Channel News Asia)

Singapura, Batamnews - Lupa membawa kartu ATM memang seringkali merepotkan, terutama bagi mereka yang terdesak kebutuhan akan uang tunai.

Namun, kecanggihan teknologi mulai menjawab kendala ini. Salah satunya dengan menerapkan sistem verifikasi wajah dalam sistem perbankan.

Teknologi verifikasi wajah di ATM kini mulai diterapkan oleh perbankan di Singapura. Adalah OCBC yang menerapkan biometrik wajah untuk layanan ATM.

Implemetasi teknologi ini akan dimulai dengan pemeriksaan saldo rekening di delapan ATM terpilih mulai hari ini Jumat (19/3/2021), demikian dilaporkan Channel News Asia.

ATM berteknologi biometrik wajah tersebut berada di OCBC Tampines Center Two, Pusat Perbelanjaan Taman Jurong, Great Eastern, Jalan Pickering, OCBC Tampines Center One, Hub HDB Level 1, 103 Yishun Ring Road, Kampus OCBC, dan Geylang Road 7-Eleven.

OCBC mengatakan akan memperluas verifikasi wajah untuk penarikan tunai ke semua 550 ATM di Singapura "secara bertahap" mulai Juni.

Hal yang sama juga direncanakan untuk transaksi ATM lainnya, termasuk setoran tunai, transfer dana ke bank lain, top-up kartu tunai, dan pembayaran tagihan kartu kredit, mulai tahun depan.

Hal ini bukan pertama kalinya bank memanfaatkan infrastruktur identitas digital nasional.

Hal tersebut dilakukan tahun lalu ketika memungkinkan pelanggan menggunakan SingPass mereka untuk mengakses layanan perbankan digital.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews