BMKG: Hujan Berpotensi Guyur Lingga Sepekan Kedepan

BMKG: Hujan Berpotensi Guyur Lingga Sepekan Kedepan

Ilustrasi

Lingga, Batamnews - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), sejak beberapa hari belakangan. Termasuk hari ini, Kamis (18/3/2021).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, kondisi demikian terjadi akibat kelembapan udara yang cukup tinggi di wilayah Kepulauan Riau, termasuk juga Kabupaten Lingga. Sehingga mendukung potensi pembentukan awan-awan hujan.

"Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca seminggu ke depan di wilayah Kabupaten Lingga diperkirakan berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang, karena aktifnya Monsun Asia," kata dia kepada Batamnews, Kamis (18/3/2021).

Sahat menjelaskan, berdasarkan data Stasiun Meteorologi Kelas III Dabo Singkep, intensitas jumlah curah hujan di Kabupaten Lingga, mulai akhir bulan Maret dan April lebih banyak dibanding bulan Januari dan Februari 2021.

"Hingga bulan Mei puncak hujan yang pertama di tahun 2021 untuk Kabupaten Lingga," sebutnya.

Dengan demikian, Sahat pun meminta masyarakat agar memperhatikan lingkungan sekitarnya. Kemudian khusus di wilayah pesisir, ketika hujan lebat disertai pasang air laut akan terjadi banjir, penduduk yang bermukim di pinggiran  sungai yang dangkal juga harus waspada.

"Drainase yang buruk juga mengakibatkan genangan air terlebih saat akumulasi intensitas hujan sedang," pungkasnya.

(ruz)
Komentar Via Facebook :