Ruzi Wiranata, Jurnalis Batamnews Rengkuh Prestasi di STQ IX Lingga

Ruzi Wiranata, Jurnalis Batamnews Rengkuh Prestasi di STQ IX Lingga

Ruzi (kedua dari kanan) bersama rekan-rekan seperguruannya yang berhasil meraih gelar juara di STQ IX Kabupaten Lingga. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Tidak hanya lihai dalam menulis berita, jurnalis media online Batamnews di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Ruzi Wiranata ternyata juga pandai dalam menulis Kaligrafi Al Qur'an yang indah.

Hal ini terbukti ketika dirinya sukses meraih gelar juara pada Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) IX tingkat Kabupaten Lingga tahun 2021 yang resmi ditutup pada Selasa (16/3/2021) malam.

Pada STQ IX ini, pria yang akrab disapa Ruzi tersebut mengikuti cabang Khatil Qur'an Dekorasi Putra. Ia sukses keluar sebagai juara kedua.

"Alhamdulillah, meskipun belum bisa meraih posisi pertama, saya sangat bersyukur atas prestasi ini," kata dia kepada Batamnews.

Ia menjelaskan, capaian ini bisa diraih tak lepas dari peran serta bimbingan gurunya yang tak lelah membagikan ilmu kepada para murid-muridnya untuk terus dapat berprestasi. 

Jurnalis Batamnews ini bukan baru pertama kalinya meraih gelar juara pada STQ maupun MTQ tingkat Kabupaten Lingga. Ia mulai aktif mengikuti ivent tersebut sejak tahun 2014 silam. Perjalanannya pun tak berjalan mulus.

Di tahun 2014 ketika ikut mewakili Kecamatan Lingga Timur di tingkat Kabupaten Lingga pada cabang Khatil Naskah Putra, ia gagal bersaing dan belum berhasil meraih gelar juara.

Namun, di tahun 2015 ia kembali mengikuti STQ tingkat Kabupaten Lingga. Tapi kali ini ia mewakili Kecamatan Lingga pada cabang Khatil Dekorasi Putra. Ia pun sukses meriah gelar juara kedua di tingkat kabupaten.

Di tahun 2016, ia pun kembali ikut dalam ivent tahunan tersebut. Dengan tetap mewakili Kecamatan Lingga dan ikut di cabang yang sama, Ruzi sukses mempertahankan juara 2, begitu juga di tahun 2017.

Kemudian, prestasinya naik di tahun 2019. Kala itu ia juga mengikuti cabang Khatil Qur'an Dekorasi Putra. Ia sukses menyabet gelar juara pertama. Tapi di tahun 2020, saat MTQ Kabupaten Lingga di Kecamatan Senayang, ia harus tergeser ke posisi ketiga, dan kembali naik di posisi kedua di STQ IX tahun 2021 ini.

"Kami akan terus bekerja keras agar di tahun-tahun berikutnya bisa meraih hasil yang lebih baik lagi. Semoga apa yang kami idamkan bisa terwujud di waktu-waktu yang akan datang," ujar pria anggota Aliansi Jurnalis Independen ini.

Sebagaimana diketahui, Ruzi yang belajar kaligrafi sejak duduk di bangku SMA bersama gurunya di Desa Panggak Darat itu, tak sendirian meraih gelar juara pada STQ IX Kabupaten Lingga ini.

Ia sukses meraih gelar bersama 5 rekan seperguruannya dari cabang-cabang lomba kaligrafi yang berbeda. Seperti Emi Susanti juara I Khatil Kontemporer Putri, Riska Seftira juara 3 Khatil Hiasan Mushaf Putri, serta Muhammad Mulyadi juara harapan I Khatil Hiasan Mushaf Putra.

Kemudian Julia Sapitri juara harapan II Khatil Dekorasi Putri, dan terakhir Bayu Permana juara harapan II Khatil Kontemporer Putra.
 

(dod)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait