Australia Desak Uni Eropa Kirim 1 Juta Vaksin Covid-19 ke Papua Nugini

Australia Desak Uni Eropa Kirim 1 Juta Vaksin Covid-19 ke Papua Nugini

Ilustrasi.

Canbera, Batamnews - Australia akan meminta Uni Eropa untuk mengirimkan 1 juta dosis vaksin Covid-19 untuk membantu Papua Nugini memerangi wabah berbahaya yang dikhawatirkan dapat menyebar ke bagian lain kawasan itu.

Permintaan tersebut dapat mengobarkan ketegangan yang ada antara Canberra dan Brussels di tengah klaim nasionalisme vaksin setelah UE baru-baru ini memblokir pengiriman dosis ke Australia.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan vaksin itu dikontrak ke Australia tetapi sangat dibutuhkan untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 di negara kepulauan Pasifik itu, yang sebagian hanya berjarak singkat dengan perahu dari wilayah Australia.

"Kami telah mengontrak mereka. Kami telah membayar mereka dan kami ingin melihat vaksin itu datang ke sini sehingga kami dapat mendukung tetangga terdekat kami, Papua Nugini, untuk menangani kebutuhan mendesak mereka di wilayah kami," kata Morrison kepada wartawan di Canberra. 

"Mereka adalah keluarga kita, mereka adalah teman kita. Mereka adalah tetangga kita. Mereka adalah mitra kita ... Ini untuk kepentingan Australia, dan untuk kepentingan kawasan kita."

Australia akan menyumbangkan 8.000 vaksin COVID-19 yang diproduksi secara lokal ke Papua Nugini sebagai tanggapan langsung terhadap wabah tersebut, dan akan menyediakan satu juta dosis segera setelah mereka tiba dari Eropa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews