Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Cegah Covid-19

Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Cegah Covid-19

ilustrasi.

Jakarta - Vaksin Covid-19 Novavax 96 persen efektif mencegah kasus Covid-19 yang disebabkan versi asli virus corona dalam uji coba tahap akhir yang dilaksanakan di Inggris, selangkah menuju otorisasi. Demikian disampaikan perusahaan tersebut pada Kamis.

Tak ditemukan kasus penyakit parah atau kematian di antara mereka yang divaksinasi menggunakan Novavax.

Vaksin Novavax juga sekitar 86 persen efektif melindungi dari varian virus yang lebih menular yang pertama kali ditemukan di Inggris. Vaksin ini sekitar 90 persen efektif secara keseluruhan, menggabungkan data dari orang yang terinfeksi kedua versi virus corona.

Dalam uji coba yang lebih kecil yang dilakukan di Afrika Selatan - di mana para sukarelawan terpapar varian yang ditemukan di sana - vaksin Novavax hanya efektif sekitar 55 persen tetapi masih sepenuhnya mencegah penyakit parah dan kematian.

Hasil dari analisis terakhir uji coba Inggris sebagian besar sejalan dengan data sementara yang dirilis pada bulan Januari. Demikian dilansir Al Arabiya, Jumat (12/3/2021).

Perusahaan tersebut berharap dapat menggunakan data tersebut untuk mengajukan otorisasi di berbagai negara.

Uji coba di Inggris, yang melibatkan lebih dari 15.000 orang berusia 18 hingga 84 tahun, menilai kemanjuran vaksin selama periode tingginya penularan varian Inggris yang sekarang beredar luas.

Efektivitas suntikan dalam uji coba Afrika Selatan menurun menjadi sekitar 49 persen ketika analisis menyertakan data dari peserta positif HIV.

 

Novavax mulai mengirimkan data vaksinnya secara bergilir ke Badan Regulator Produk Kesehatan dan Obat-obatan (MHRA) Inggris pada pertengahan Januari, yang akan membantu mempercepat proses persetujuan.

Vaksin tersebut dapat mendapatkan otorisasi di Amerika Serikat paling cepat Mei jika regulator AS memutuskan data Inggris cukup untuk membuat keputusan. Novavax berencana untuk memproduksi vaksin dosis dua suntikan di delapan lokasi manufaktur, termasuk Serum Institute of India.

Jika mendapat otorisasi, Novavax akan menyusul tiga vaksin Covid-19 yang sebelumnya disetujui penggunaannya di Inggris yaitu vaksin Pfizer-BioNTech, Moderna, dan AstraZeneca-Oxford.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews