Bandara RHA Karimun Kini Layani Penerbangan Medis. Begini Cara Aksesnya

Bandara RHA Karimun Kini Layani Penerbangan Medis. Begini Cara Aksesnya

Layanan penerbangan medis yang kini bisa diakses melalui Bandara RHA Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Layanan penerbangan penumpang dengan kondisi medis (medical flight) kini bisa diakses oleh warga melalui Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Layanan 24 jam ini, merupakan penggunaan transportasi untuk membawa pasien yang hendak menjalani pengobatan atau untuk rujukan pasien ke luar daerah.

Kepala Bandara RHA Fanani Zuhri mengatakan warga yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa mengakses melalui situ Air Ambulance.

"Kita siap 24 jam memberikan pelayanan di Bandara ini. Apabila ada pasien emergency yang harus dirujuk kita siap membantu, bahkan pada malam hari," kata Fanani, Rabu (10/3/2021).

Sejak dibukanya layanan Medical Flight di Bandara RHA, Fanani menyebutkan, sejauh ini pihaknya telah melayani tiga kali penerbangan dari Karimun menuju Jakarta, dan semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk maskapai yang digunakan ialah pesawat type Beechjet 400A. Bahkan pesawat itu hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit perjalanan dari Karimun ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

"Untuk pesawat yang digunakan itu merupakan charter," katanya.

Menurutnya, dengan adanya pelayanan medical flight ini dapat mempermudah masyarakat dalam medapatkan layanan rujukan ke luar daerah di Karimun dengan waktu yang cukup cepat dan aman.

"Di dalam pesawat itu ada dokter dan pihak keluarga yang mendampingi. Jadi ke depan, apabila ada warga atau pun karyawan dari perusahaan yang harus dirujuk ke daerah lain, bisa menggunakan layanan ini," katanya.

Selain itu, Fanani juga mengatakan, pihaknya juga melayani penerbangan untuk kebutuhan bisnis dengan menggunakan pesawat charter.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews