Resmi Dilantik Jadi Bupati dan Wabup Meranti, Ini Agenda Terdekat Adil-Asmar

Bupati dan Wabup Meranti terpilih, H Adil-Asmar saat dilantik. (ist)

Meranti - Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti terpilih, H Adil dan Asmar secara resmi dilantik oleh Gubernur Riau Jumat (26/2/2021) pagi.

 

Usai dilantik, kepala daerah terpilih ini dijadwalkan segera ikut dalam sidang paripurna di DPRD Meranti, Senin (1/3/2021) mendatang.

Paripurna tersebut rencananya akan digelar di Balai Sidang DPRD Meranti, sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

"Jika tidak ada halangan, pada hari Senin akan digelar paripurna pengumuman mengenai pelantikan Bupati dan Wabup Meranti. Sekaligus rapat bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ungkap Sekda Meranti, Dr H Kamsol.

Dalam paripurna nanti, Bupati terpilih juga akan melakukan pidato politik pertamanya. Termasuk penyampaian visi dan misi yang selama ini dipaparkan ke publik.

Sementara itu, seluruh OPD juga diminta untuk segera menyusun program yang berkaitan dengan visi misi Adil dan Asmar.

Menurut Kamsol, hal tersebut harus dijabarkan dalam program dan kegiatan dengan disesuaikan pada penganggaran yang tersedia. Karena hal itu sangat penting guna mengukur kinerja pemerintahan 5 tahun kedepan.

"Itulah titik tolak keberhasilan OPD. Bagaimana mereka menerjemahkan visi misi itu ke dalam program dan kegiatan terhadap hasil yang dicapai nanti," terangnya.

Dilanjutkan Kamsol lagi, untuk setijab dari Plh kepada Bupati terpilih tidak dilakukan. Setelah Adil mengemban jabatan sebagai kepala daerah, otomatis status Plh sudah tidak ada lagi.

"Yang paling penting itu adalah persiapan penyusunan program yang berkaitan dengan visi misi Bupati," ucapnya.

7 Program Prioritas Adil dan Asmar

Usai pelantikan dan resmi menjabat Bupati Meranti, H Muhammad Adil mengakui, ia bersama wakilnya Asmar akan fokus menyukseskan 7 program prioritas yang diapungkan dalam kampanye sebelumnya.
 
Hal itu diungkapkan Adil usai pelatikan yang dilakukan oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Pelantikan dilakukan di Pendopo Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (26/2/2021).

 

Dijelaskan H Adil, sesuai dengan visi misi mereka sebelumnya yakni menjadikan masyarakat Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat. Untuk target sasaran yakni meliputi:

1. Membangun infrastruktur dasar Kabupaten Kepulauan Meranti dengan membangun jalan penghubung dari desa, kecamatan hingga kabupaten;

2. Meningkatkan dan pemerataan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia melalui program beasiswa S1 sampai S3;
 
3. Menjadikan RSUD Kepulauan Meranti sebagai rumah sakit rujukan dengan konsep ketuk pintu layani dengan hati;

4. Menciptakan ribuan usahawan dengan menciptakan ribuan peternak (sapi, kambing, ayam), petani dan nelayan serta pelatihan masyarakat pada balai latihan kerja agar mandiri hingga mampu membuka peluang kerja;

5. Menyediakan pemenuhan air bersih yang sehat dan berkualitas melalui pembangunan dan pengelolaan PDAM;

6. Pelayanan administrasi prima yang mudah, cepat, tepat dan akurat satu hari siap;

7. Program keluarga harapan bagi masyarakat kurang mampu di Kepulauan Meranti.

(cr8)

SHARE US :