Bintan Timur Penyumbang Terbesar Kasus DBD di Kabupaten Bintan

Bintan Timur Penyumbang Terbesar Kasus DBD di Kabupaten Bintan

Ilustrasi.

Bintan - Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Wilayah tersebut memiliki kasus terbanyak penderita penyakit DBD ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan dari Januari-Februari 2021 ini ditemukan 4 kasus warga yang menderita DBD. Yaitu pada Januari sebanyak 2 orang dan Februari sebanyak 2 orang.

"Dari empat kasus ini, Kecamatan Bintan Timur paling banyak yaitu tiga kasus. Kemudian satu lagi kasusnya di Kecamatan Teluk Sebong," ujar Gama, Rabu (17/2/2021)

Kasus DBD di Kecamatan Bintan Timur ini dialami oleh tiga warga Kijang Kota. Mereka semua sempat menjalani perawatan di puskesmas dan rumah sakit. Sedangkan satu kasus DBD di Kecamatan Teluk Sebong dialami oleh warga Desa Berakit.

"Tidak ada warga yang meninggal dunia karena DBD di tahun ini," jelasnya.

SelainCcovid-19, kata Gama, DBD juga menjadi ancaman serius bagi kesehatan warga di Kabupaten Bintan. Maka diminta warga terus menggalakan pola hidup sehat dengan menerapkan 3 M plus. 

Lalu dia juga mengimbau agar juru pemantau jentik (Jumantik) dengan gerakan 1 rumah 1 jumantik terus ada di setiap pemukiman warga. Sehingga dapat mencegah penyakit yang ditimbulkan dari gigitan Nyamuk Aedes Aegypti ini.

"Memang sekarang musim kemarau jadi perkembangbiakan jentik tidak begitu pesat. Namun dengan adanya penampungan atau genangan air di sekitaran rumah jentik akan terus ada," katanya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews