Damkar Bintan Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Seluas 4 Hektare

Damkar Bintan Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Seluas 4 Hektare

UPTD Damkar Toapaya bersama kepolisian tiba di Simpang KEK Galang Batang menuju lokasi kebakaran. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Kebakaran lahan menghanguskan 4 hektare lahan di Galang Batang, Bintan, Sabtu (23/1/2021) malam.

Kepal UPTD Damkar Toapaya, Nurwendi, mengatakan pihaknya mendapati adanya laporan tersebut sekitar pukul 18.00 WIB. Pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian.

"Jadi Tim Satgas Karhutla Toapaya bergerak ke lokasi saat itu. Mulai dari kami UPTD Damkar Toapaya sampai Polsek Gunung Kijang," ujar Nurwendi, Minggu (24/1/2021).

Lokasi kebakaran berada di Simpang KEK Galang Batang dan tak jauh dari Pos Koramil Galang Batang. Tepatnya di Kampung Masiran, RT 07/RW 02, Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang.

Kondisi lokasi sangat terjal jadi sangat menyulitkan pihak UPTD Damkar Toapaya dan kepolisian untuk melakukan pemadaman.

"Sebenarnya bisa cepat tapi karena lokasinya sangat sulit dilalui. Sehingga api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB," jelasnya.

Kebakaran yang terjadi malam itu merupakan kasus karhutla perdana di 2021 itu. Belum diketahui penyebab kebakaran itu terjadi namun lebih kurang 4 Ha lahan telah ludes terbakar.

Nurwendi mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan sembarangan. Karena saat ini kondisi cuaca sangat panas dan angin kencang sehingga api mudah menyebar dan meluas.

"Jika ada kebakaran lahan diminta segera melaporkannya ke UPTD Damkar Toapaya atau bisa hubungi contac person 085264298857 atau 083183378546," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews