Satu Hektare Lahan Depan SPBU Toapaya Diduga Sengaja Dibakar

Satu Hektare Lahan Depan SPBU Toapaya Diduga Sengaja Dibakar

Petugas PBK berjibaku memadamkan api yang melahap lahan kosong di depan SPBU Toapaya, Bintan (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Lahan seluas 1 hektare (Ha) di Desa Toapaya Selatan (Topsel) tepatnya di depan SPBU Batu 16 Jalan Raya Tanjunguban ludes terbakar, Sabtu (15/2/2020).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Toapaya, Nurwendi mengatakan kebakaran lahan di Batu 16 Desa Topsel itu terjadi pukul 10.15 WIB.

“Lahan yang terbakar berada tak jauh di pemukiman warga,” ujar Nurwendi.

Kebakaran tersebut harus segera ditangani karena dikhawatirkan akan merembet ke rumah warga karena angin bertiup sangat kencang dan banyak semak-semak yang kering.

Dalam aksi pemadaman ini, pihaknya dibantu Tim Satgas Karhutla Toapaya. Lalu dibantu TNI dan Polri serta masyarakat setempat.

“Kita kerahkan 4 personel dan mobil damkar berkapasitas 3000 liter air. Api berhasil dipadamkan jam 12 kurang,” katanya.

Dari hasil perhitungannya lahan yang terbakar lebih kurang 1 Ha. Diduga karhutla itu dilakukan secara sengaja oleh orang tak dikenal. 

“Kita imbau agar warga tidak membakar sampah dan lahan sembarangan. Jika ingin membuka lahan untuk usaha dilakukan dengan cara lain bukan dengan membakarnya,” ujar dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews