Daftar Orang yang Jadi Target Penerima Suntikan Vaksin Perdana di Batam

Daftar Orang yang Jadi Target Penerima Suntikan Vaksin Perdana di Batam

Presiden Jokowi divaksinasi corona. (Foto: Laily Rachev/Setpres)

Batam - Besok, Jumat (15/1/2021) merupakan vaksinasi perdana Covid-19 di Batam. Wali Kota Batam, Rudi dan wakilnya Amsakar Achmad bersama sejumlah perwakilan OPD, tokoh masyarakat sejumlah 20 orang menjadi kelompok pertama yang disuntikkan vaksin Sinovac tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, setelah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara simbolis kepada 20 orang  itu, selanjutnya vaksinasi akan terus dilakukan sampai stok vaksin pada tahap pertama habis.

Baca juga: Siap-siap Warga Batam Vaksinasi Covid-19, Berikut Kiteria Penerimanya

"Kalau untuk nakes (tenaga kesehatan), kita langsung lanjut, besoknya atau kalau hari itu memungkinkan," ujar Didi, Kamis (14/1/2020).

Ia menargetkan proses vaksinasi tahap pertama ini bisa selesai dalam sepekan. Sementara itu, terkait tenaga vaksinator, seluruhnya melibatkan para nakes masing-masing fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Batam.

Misalnya setiap puskesmas, pihaknya meminta lima orang, rumah sakit  minimal 10 orang, kalau klinik tergantung jumlah nakesnya dalam satu klinik.

"Seluruh RS dan Puskesmas. Cuma ada dua yang belum terdaftar. Rumah sakit Graha Hermine sama RS BP Batam. Mereka terlambat menyerahkan berkas pendukung. Sejauh ini lagi kita usulkan," sebutnya.

Seperti diketahui, pada tahap pertama ini sasarannya difokuskan kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan publik. Pada tahap ketiga dengan sasaran masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Baca juga: Vaksinisasi Covid-19 di Batam Dibagi 4 Tahap

Serta terakhir pada tahap keempat dengan sasaran masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Didi menyebutkan jadwal 4 tahap ini, yaitu tahap pertama pada Januari-April 2021, tahap kedua pada Januari-April 2021, tahap ketiga pada April 2021-Maret 2022, dan tahap keempat pada April 2021-Maret 2022.

Sebelumnya diberitakan 11.120 dosis vaksin Covid-19 tiba di Batam dari Tanjungpinang melalui Pelabuhan ASDP Punggur.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews