Siap-siap Warga Batam Vaksinasi Covid-19, Berikut Kiteria Penerimanya

Siap-siap Warga Batam Vaksinasi Covid-19, Berikut Kiteria Penerimanya

Simulasi vaksinasi. (ilustrasi/Foto: Radar Bandung)

Batam - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan tidak semua pihak yang akan menerima vaksin Covid-19. Ada beberapa persyaratan sebagai penerima vaksin Covid-19.

Untuk syarat penerima vaksin Covid-19, sesuai rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Mengenai pemberian vaksinasi Covid-19 (Sinovac/Inactiveed) yaitu orang dewasa  sehat usia 18-59 tahun, peserta menerima penjelasan dan menandatangi surat persetujuan setelah penjelasan.

"Peserta menyetujui (lewat surat) mengikuti aturan dan jadwal imunisasi," ujar Didi, Kamis (7/1/2021).


Kriteria yang tidak diberi vaksin

Lalu untuk kriteria yang tidak diberikan vaksin Covid-19 yaitu pernah terkonfirmasi dan terdiagnosis Covid-19, mengalami penyakit ringan, sedang, stay berat, terutama penyakit infeksi dan/atau demam (suhu diatas 37,5 derajat).

Peserta wanita yang hamil, menyusui, atau berencana hamil selama periode imunisasi, memiliki  riwayat alergi berat terhadap vaksin atau komposisi dalam vaksin, riwayat penyakit pembekuan darah yang tidak terkontrol atau kelainan darah yang menjadi kontradiksi infeksi intramuscular.

"Adanya kelainan penyakit kronis yang menurut petugas medis bisa mengganggu imunisasi," kata dia.

Kemudian subjek yang memiliki riwayat penyakit gangguan sistem imun, memiliki riwayat penyakit epilepsi/ayan atau penyakit gangguan syaraf, dan mendapat imunisasi apapun dalam waktu 1 bulan ke belakang atau akan menerima vaksin lain dalam 1 bulan kedepan.

"Dan terakhir berencana pindah dari wilayah domisili sebelum jadwal imunisasi selesai," sebutnya.

 

Jumlah sasaran vaksinasi

Terkait jumlah sasaran dan pelaksanaan vaksinasi, dibuat kategori dari jumlah seluruh penduduk Kota batam 1.421.960 jiwa.

Dengan jumlah estimasi sasaran penduduk usia 18-59 tahun 875.911 orang, jumlah sasaran tenaga kesehatan (nakes) 2.716 orang, lalu jumlah vaksinator 1.045 orang yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan.

"Dan jumlah kader/tenaga lainnya yang membantu ada 780 orang," ucapnya.


Pelaksanaan Vaksinasi di Batam Dibagi 4 Tahap

Rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Batam akan dilaksanakan dalam 4 tahap. Hal ini sesuai dengan roadmap WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) serta kajian Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyebutkan 4 tahap yaitu tahap pertama pada Januari-April 2021, tahap kedua pada Januari-April 2021, tahap ketiga pada April 2021-Maret 2022, dan tahap keempat pada April 2021-Maret 2022.

 

"Tahap-tahap tersebut terdiri dari sasaran yang berbeda," ujar Didi, Kamis (7/1/2021).

Pada tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan kedokterasn yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan publik. Pada tahap ketiga dengan sasaran masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Serta terakhir pada tahap keempat dengan sasaran masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Lalu untuk jumlah vaksinator sebanyak 1.045 orang, yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan.  "Ini masih dalam perencanaan kedepan," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews