Air Laut Meluap Rendam Jalanan di Ranai Natuna

Air laut pasang menggenangi badan jalan di sejumlah titik Kota Ranai (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Cuaca ekstrem masih melanda Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Hujan disertai angin kencang serta pasangnya air laut membuat sejumlah titik di Kota Ranai, tergenang air.

Hal ini diperparah dengan buruk nya saluran drainase yang ada di Kota Ranai sehingga tidak bisa menampung debit air. Salah satu lokasi yang terdampak adalah daerah Batu Kapal.

Pantauan Batamnews, Selasa (12/1/2021) kemarin, air laut naik ke area pemukiman warga hingga menggenangi sebagian ruas jalan raya.

Lurah Ranai Kota, Suparman mengatakan, banyaknya rumah warga yang dibangun di bibir pantai menyebabkan sistem drainase tidak bisa berfungsi maksimal.

"Hal ini mengakibatkan luapan air laut menggenangi pemukiman hingga jalan raya dan tidak bisa mengalir kembali ke laut karena drainase kita tidak maksimal," kata dia.

Guna mengatasi hal tersebut, pihaknya bersama tim dari penanggulangan bencana, TNI-Polri dan masyarakat sekitar secara bersama-sama membuat parit darurat untuk membuang air yang menggenangi bahu jalan.

Suparman pun lantas mengimbau kepada para pemilik rumah yang berada di lokasi tergenangnya air untuk kedepanya lebih memperhatikan sistem drainase yang ada agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi.

(Yan)
SHARE US :