BMKG: Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang di Kepulauan Riau

BMKG: Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang di Kepulauan Riau

Ilustrasi.

Batam - Intensitas hujan diprakirakan masih mengguyur sejumlah wilayah Kepulauan Riau pada hari ini, Rabu (13/1/2021). Cuaca berawan diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah hingga sore nanti.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bandara Hang Nadim Batam, Fauzan Lathif menjelaskan, cuaca berawan yang diperikirakan terjadi di Kepri akan disertai dengan angin kencang.

Hal ini akibat dari bergesernya belokan angin (shear) ke arah selatan di sebelah utara Kepulauan Bangka. Sehingga di Kepulauan Riau angin cenderung bertiup lebih kencang dengan membawa masa udara dari laut China Selatan 

"Kondisi cuaca hari ini secara umum berawan tebal dengan disertai sesekali hujan sedang hingga lebat pada pagi hingga dini hari," kata Fauzan.

Kendati demikian, untuk Kabupaten Lingga harus tetap waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Untuk angin kencang yang dapat bertiup hingga 30 Knot terjadi di daerah Natuna dan Anambas, dan 25 Knot terjadi di daerah Batam, Bintan dan Tanjungpinang.

"Waspadai gelombang tinggi dan angin kencang di wilayah perairan timur Bintan, perairan timur Lingga, perairan Kepulauan Anambas dan perairan Natuna," pungkasnya.

(rez)