Dua Unit Rumah Warga Batu Kapal Natuna Ambruk Disapu Ombak Laut

Petugas membersihkan puing-puing kayu dari rumah warga yang ambruk akibat ombak laut (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Dua unit rumah warga yang berada di wilayah Batu Kapal, Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), ambruk disapu ombak laut, Rabu (13/1/2021) sekitar pukul 01.20 WIB dini hari.

"Kejadian dini hari tadi, dan pagi ini sudah kita lakukan evakuasi," ujar Kasi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Natuna, Elkadar Lismana kepada Batamnews.

Rumah yang ambruk tersebut merupakan rumah panggung dibangun di bibir pantai. Cuaca hujan disertai angin kuat dan gelombang tinggi yang saat ini melanda Natuna menjadi penyebab utama musibah tersebut.

Elkadar pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Natuna yang bermukim di tepi pantai untuk sementara waktu pindah ke lokasi yang lebih aman.

"Akibat cuaca ekstrem saat ini, bukan hanya bahaya gelombang tinggi, tapi luapan air laut, abrasi di sejumlah ruas jalan dan angin kuat juga mesti kita waspadai," tuturnya.

Dengan demikian, ia berharap masyarakat lebih waspada. Bagi warga yang bermukim di daerah pesisir, dapat kiranya untuk bisa mengevakuasi diri di lokasi yang jauh dari bibir pantai untuk sementara.

(Yan)
SHARE US :