https://www.batamnews.co.id

Vaksinasi Covid di Bintan: Tahap Awal, 1.331 Nakes Disuntik Vaksin Gratis

Petugas menyemprotkan cairan desinfektan kontainer berisi vaksin Covid-19 setibanya, di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/12/2020) lalu. (Foto: Dok. Setpres)

Bintan - Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan mengajukan 1.444 tenaga kesehatan (nakes) untuk disuntik vaksin covid-19 secara gratis.

Namun Pemprov Kepri hanya memberikan jatah vaksin gratis itu untuk 1.331 nakes. Sebanyak 113 nakes tersisa disuntik pada tahap selanjutnya.

Kadinkes Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan, pada tahap awal ini Bintan akan mendapatkan jatah sebanyak 2.680 vaksin. Jumlah vaksin yang diberikan itu hanya untuk disuntikan 1.331 nakes.

"Jadi ada sebanyak 1.331 nakes yang bakal menerima suntikan vaksin gratis," ujar Gama di Kantor Bapelitbang Bintan, Selasa (12/1/2021).

2.680 vaksin itu direncanakan akan diterima oleh Dinkes Bintan pada esok hari yaitu 13 Januari 2021. Dinkes akan mendistribusikannya untuk disuntik ke para nakes, 14 Januari mendatang.

Para nakes nantinya dapat langsung ke puskesmas terdekat. Karena seluruh puskesmas akan diaktifkan bagi vaksinasi tersebut.

"Ditahap awal ini, vaksin tersebut hanya diperuntukkan para nakes terlebih dahulu. Bukan untuk yang lain," jelasnya.

Setiap nakes, kata Gama, akan menerima dua kali suntikan vaksin. Untuk suntikan pertama akan dilakukan dalam waktu dekat lalu suntikan kedua akan diberikan dua pekan kemudian atau dua minggu setelah suntikan pertama.

"Jadi setiap nakes akan mendapatkan dua kali suntikan vaksin," ucapnya. (ary)

etugas menyemprotkan cairan desinfektan kontainer berisi vaksin COVID-19 setibanya, di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/12/2020).

(ary)