Dinkes Batam Rencanakan Vaksinasi Covid pada 15 Januari

Dinkes Batam Rencanakan Vaksinasi Covid pada 15 Januari

ilustrasi.

Batam - Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kota Batam dijadwalkan mulai 15 Januari 2021. Vaksin saat ini dalam perjalanan dari Tanjungpinang menuju Batam menggunakan kapal roro.

Ketua Bidang Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyebutkan, pada tahap pertama ini vaksinasi akan menyasar seluruh tenaga kesehatan.

"Jadinya tanggal 15 Januari. Insya Allah, sudah bisa dilakukan," ujar Didi, Selasa (12/1/2021).

Saat ini sudah terdata 5.700 nakes.

Dari 6.000 dosis pada gelombang pertama ini, masih ada tersisa 300 nakes. Jumlah ini diperuntukan bagi nakes yang belum terdaftar.

"Masih ada nakes yang belum terdaftar. Infonya, hari ini akan didrop 6.000 dosis," katanya.

Didi memastikan, vaksinasi bisa dilakukan karena izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) resmi dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Senin (11/1/2021).

"EUA sudah keluar dari BPOM semalam. Jadi vaksinasi sudah bisa dilakukan," jelasnya.

Selain Nakes, sejumlah petugas publik juga menjadi penerima vaksinasi. Penerima vaksinasi kata Didi dibagi 4 tahap sama halnya dengan tahapan nasional.

Tahap pertama Januari-April 2021, diperuntukkan bagi tenaga medis. Lalu tahap kedua tahap kedua pada Januari-April 2021, petugas pelayanan seperti, karyawan bandara, Polri/TNI, Damkar dan lainnya.

Tahap ketiga pada April 2021-Maret 2022, diprioritaskan bagi masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Terakhir, tahap keempat pada April 2021-Maret 2022 terhadap masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

"Meskipun bulannya sama namun tahap-tahap tersebut terdiri dari sasaran yang berbeda," jelas Didi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews