https://www.batamnews.co.id

Distribusi Vaksin Covid-19 ke Seluruh Kepri Pakai 3 Moda Transportasi

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Bandara RHF Tanjungpinang, beberapa waktu lalu [Foto: Sutana/batamnews]

Tanjungpinang - Vaksin Covid-19 mulai didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau pada hari ini, Selasa (12/1/2021).

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan distribusi vaksin melalui jalur transportasi darat, laut dan udara. 

Vaksin untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan didistribusikan menggunakan transportasi darat. Sementara untuk Kota Batam menggunakan kapal roro. Lalu, untuk Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun memakai kapal reguler.  

"Khusus untuk pulau terluar, yaitu Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas dikirim menggunakan pesawat, melalui Kota Batam," ujar Arif, Senin (12/1/2021) kemarin. 

Pengiriman vaksin untuk semua kabupaten/kota di Kepulauan Riau dikawal ketat oleh aparat TNI dan Polri.

"Mudah-mudahan cuaca mendukung agar pengiriman vaksin dapat berjalan lancar. Kita targetkan tanggal 12 - 13 Januari 2020, vaksin sudah diterima kabupaten/kota," harap Arif. 

Sekda Provinsi Kepri ini menyebut saat ini vaksin masih tersimpan di gudang khusus penyimpanan di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri di Jalan Kesehatan, Tanjungpinang. 

Total vaksin yang dimiliki Kepri saat ini sebanyak 25.250 dosis, dan akan didistribusikan sesuai dengan data penerima vaksinasi yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. 

Untuk jadwal penyuntikan tahap awal, kata Arif, masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat. Namun sesuai rencana awal, Presiden RI akan divaksin pertama tanggal 13 Januari 2020, diikuti menteri dan sejumlah tokoh nasional. 

Selanjutnya, tanggal 14 Januari 2020 suntik vaksin menyasar kepada Gubernur Kepri dan Kepala OPD, Forkopimda, tokoh masyarakat, serta tenaga kesehatan masyarakat. 

"Tanggal 15 Januari 2020, suntik vaksin untuk bupati/wali kota dan Forkopimda," jelasnya.

(sut)