Deretan Tips WhatsApp yang Tak Banyak Diketahui Orang

Deretan Tips WhatsApp yang Tak Banyak Diketahui Orang

Ilustrasi.

Jakarta - WhatsApp menjadi aplikasi chatting paling populer di dunia. Di Indonesia, alih-alih bilang 'nanti saya hubungi' orang cenderung berkata 'nanti saya WhatsApp ya', memperlihatkan saking populernya WhatsApp. 

Perusahaan pun menghadirkan banyak pembaruan fitur WhatsApp. Saking banyaknya, kadang tak semua pengguna ingat fitur apa saja yang sudah ada di aplikasi pesan WhatsApp.

Berikut  tips WhatsApp yang tak banyak diketahui orang, dikutip Liputan6.com dari BGR, Rabu (6/1/2021).

1. Sembunyikan Chat di WhatsApp

Secara teknis pengguna tak bisa menyembunyikan pesan di WhatsApp, namun aplikasi ini memiliki fitur Archieve alias arsipkan. Ketika sebuah chat telah diarsipkan, obrolan dengan seseorang tidak akan muncul di dalam layar obrolan alias tersembunyi.

Kendati begitu, obrolan personal atau group akan tetap ditampilkan di tab chat ketika ada pesan baru yang diterima dari kontak yang obrolannya diarsipkan.

Cara mengarsipkan pesan bagi pengguna Android adalah dengan mengetap dan tahan sebuah pesan dari satu kontak.

Kemudian di bagian atas laman obrolan akan ada tanda ikon kotak dengan sebuah tanda panah ke arah bawah. Pencet tombol tersebut, chat akan diarsipkan otomatis.

Untuk pengguna WhatsApp di iPhone hanya tinggal swipe atau geser ke kiri pesan yang mau diarsipkan dan pilih opsi arsipkan.

Pesan yang sudah diarsipkan bisa diakses dari bagian bawah daftar obrolan WhatsApp di smartphone kamu.

2. Notifikasi Berbeda untuk Tiap Kontak/Group

Kebanyakan pengguna WhatsApp menerima ratusan bahkan ribuan pesan tiap harinya. Smartphone pun jadi sering berbunyi atau bergetar jika mengaktifkan notifikasi.

Gara-gara banyaknya pesan masuk, pengguna kerap melewatkan sebuah pesan. Untuk menghindarinya, kita bisa mengatur notifikasi berbeda untuk tiap chat, baik itu obrolan grup atau personal.

Caranya, buka pengaturan chat dengan menge-tap nama group atau nama kontak. Kemudian, pilih tanda titik tiga yang ada di kanan atas halaman obrolan, buka Group Info.

Di Group Info kamu akan menemukan opsi Custom Notification. Ceklis Custom Notification lalu pilih notifikasi yang diinginkan untuk kontak atau grup tersebut.

3. Kamu Diblok, Gini Cara Ceknya

 
 

Ketika seorang pengguna WhatsApp telah memblokir chat kamu, kamu tak lagi bisa melihat profile picture, status, hingga last seen mereka.

Untuk memastikan benar tidak kamu telah diblok oleh seseorang, coba chat kontak tersebut.

Jika yang terlihat hanya tanda ceklis satu dan terus-terusan seperti itu, artinya orang tersebut benar memblokir kontak WhatsApp kamu. 

4. Dengar Voice Note secara Privat

Voice Note di WhatsApp memang sifatnya privat, seperti obrolan personal. Namun ketika orang mendengarkan pesan suara ini dengan me-loadspeaker perangkatnya, pesan suara jadi tidak personal lagi.

Namun, ada cara agar kamu tetap bisa membaca pesan suara secara privat meski sedang ada di tempat umum.

Caranya, tap Play kemudian taruh smartphone di telinga. Dengan menaruh smartphone di telinga, WhatsApp mengubah output suara dari speaker utama ke speaker earpiece.

5. Chat Tanpa Simpan Nomor

WhatsApp hanya mengizinkan kamu untuk membuka percakapan dengan seseorang yang nomornya sudah kamu simpan. Namun ada sejumlah trik agar kamu tetap bisa chat ke seseorang tanpa menyimpan nomor mereka.

Cara paling gampang adalah menggunakan aplikasi 'Click to chat' yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetik sebuah nomor kemudian membawa pengguna masuk WhatsApp dengan jendela obrolan untuk kontak yang nomornya diketikkan sebelumnya.

(dod)