WhatsApp Bakal Rilis 5 Fitur Baru Tahun 2021

WhatsApp Bakal Rilis 5 Fitur Baru Tahun 2021

WhatsApp.

Jakarta - Memasuki tahun 2021, pengguna WhatsApp sudah menunggu-nunggu fitur baru apa yang bakal hadir di aplikasi pesan milik Facebook tersebut. Berbagai rumor fitur baru WhatsApp sudah beredar, salah satunya adalah integrasi layanan pembayaran digital. 

WhatsApp memang menjadi alat komunikasi andalan untuk berkirim pesan, panggilan suara maupun video, terlebih selama pandemi corona. Biasanya setiap beberapa bulan, WhatsApp bakal merilis fitur baru untuk para pengguna. 

Di tahun 2021 ini, sudah banyak bocoran fitur yang dinanti pengguna di seluruh dunia termasuk Indonesia. Apa saja fitur tersebut? Simak selengkapnya. 

Fitur panggilan suara dan video di WhatsApp Web

WhatsApp sudah mengkonfirmasi akan menghadirkan fitur panggilan suara dan video langsung dari platform website dan desktop. Saat ini fitur tersebut telah diluncurkan ke beberapa pengguna terpilih di AS, tetapi diharapkan versi final akan hadir pada awal tahun 2021. 

WhatsApp bisa dipakai 4 perangkat bersamaan

Situs WABetaInfo mengkonfirmasi WhatsApp sekarang sedang menguji fitur baru tersebut. Nantinya, pengguna bisa menjalankan satu akun WhatsApp yang sama di empat perangkat berbeda secara bersamaan. 

WABetaInfo secara eksplisit menyebutkan bahwa fitur baru ini sedang dalam pengembangan. WhatsApp mungkin memerlukan beberapa waktu untuk mengaktifkan dukungan multi-perangkat untuk penggunanya. 

WhatsApp juga belum menjelaskan bagaimana empat perangkat tersebut akan terkoneksi dan juga sistem keamanan yang digunakan. Saat ini untuk menghubungkan WhatsApp Web memerlukan scan QR code terlebih dulu, serta harus saling terkoneksi internet, antara perangkat desktop dengan smartphone. 

Fitur In-App Web Browser

 

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membuka link apa pun di dalam WhatsApp itu sendiri, tanpa meninggalkan aplikasi. Saat ini, jika pengguna menerima link dalam pesan, ketika ingin membukanya, maka akan melalui aplikasi browser di perangkat. 

Adanya fitur In-App Web Browser akan membantu mengurangi waktu yang biasanya diperlukan untuk memuat artikel atau konten apa pun yang dibagikan melalui link. 

Fitur sinkronisasi pesan di iOS dan Android

Aplikasi WhatsApp saat ini memang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Namun, satu hal yang disayangkan pengguna adalah cara mem-back up pesan antar perangkat tersebut. 

Nah, ke depannya WhatsApp diketahui sedang mengembangkan sinkronisasi pesan antar platform di kedua sistem operasi Android dan iOS. Jadi, ketika pengguna WhatsApp di perangkat Android, tidak perlu khawatir lagi akan hilang pesannya, ketika berpindah menggunakan iPhone. 

Menurut laporan Gizmochina, fitur ini membutuhkan koneksi Wi-Fi untuk mengamankan dan menggandakan seluruh pesan dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. 

Fitur pembayaran langsung di WhatsApp

Belum lama ini WhatsApp memperkenalkan fitur Katalog dan Keranjang Belanja yang sudah bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp Business di Indonesia. Fitur tersebut, membuat para pelanggan dapat menelusuri Katalog di akun WhatsApp Business milik UMKM, memilih beberapa produk yang disukai, lalu mengirimkan semuanya dalam sebuah chat kepada admin toko. 

Ke depannya, diprediksi WhatsApp akan mengintegrasikan layanan pembayaran digital langsung ke platform WhatsApp Business, sehingga pengguna tidak perlu repot lagi saat belanja.  

Kabar soal hadirnya layanan pembayaran digital di WhatsApp adalah karena investasi yang dilakukan Facebook ke Gojek yang fokus dalam pengembangan layanan GoPay. 

Hadirnya Facebook sebagai investor di Gojek juga memperkuat kabar bahwa semakin dekatnya layanan transfer uang yang bisa dilakukan di platform WhatsApp.  

(dod)