Lanal TBK Siapkan Sarana Tanggap Bencana Sikapi Cuaca Ekstrem

Lanal TBK Siapkan Sarana Tanggap Bencana Sikapi Cuaca Ekstrem

Personel Lanal Karimun menyiapkan peralatan yang dibutuhkan saat cuaca ekstrem melanda. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun (TBK) Kepri, menyiapkan sarana tanggap darurat bencana.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya laka laut pada kondisi cuaca ekstrem yang melanda Karimun dan sekitarnya sejak 1 Januari kemarin.

Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi menyebutkan bahwa dengan cuaca yang ekstrem saat ini, pihaknya melakukan sejumlah kesiapan dalam mengantisipasi hal-hal dapat membahayakan.

"Tanggap darurat bencana ini, untuk antisipasi terjadinya laka laut atau kejadian di laut, apalagi kondisi cuaca ekstrem saat ini" kata Maswedi, Sabtu (2/1/2021).

Dalam kegiatan persiapan yang dihadiri oleh Pasops Kapten Laut (P) Bagus Setiawan, Paspotmar Lettu laut (P) Hendriono, Danposal Leho Letda Laut (E) Ony Dwi dan Prajurit Lanal TBK, menyediakan sejumlah sarana.

Adapun sarana yang dipersiapkan menyerupai dua unit perahu karet dengan mesin 40 PK, lalu 1 unit ambulans dan juga 2 unit truk personel.

"Lanal TBK juga menerjunkan personel sebanyak 1 SSK atau setingkat dengan 1 satuan setingkat kompi," ucap Danlanal.

Kemudian, Maswedi juga menyampaikan pada masyarakat nelayan untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan kegiatan melaut.

Warga juga diminta untuk menunda keberangkatan di saat kondisi cuaca yang dapat membahayakan.

"Pada saat berada di laut dan terjadi cuaca ekstrem, untuk segera dapat mencari pulau terdekat untuk berlindung. Dan sebaiknya menunda keberangkatan hingga cuaca kembali normal," ujar Maswedi.

Lalu, jika terjadi sesuatu yang dapat membahayakan saat melakukan aktivitas laut, masyarakat dapat dengan cepat menghubungi pos penjagaan TNI AL di nomor 08116668550.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews