KAL Pelawan Perkuat Lanal Karimun Jaga Perbatasan

KAL Pelawan Perkuat Lanal Karimun Jaga Perbatasan

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Kekuatan Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun bertambah seiring dengan hadirnya Kapal Angkatan Laut (KAL) Pelawan untuk mendukung pengamanan laut dan perbatasan.

Kapal patroli terbatas tersebut dari Mabes TNI AL. Pengoperasiannya ditandai dengan upacara adat tepuk tepung tawar, Kamis (2/7/2020).

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Mendri Kartono, mengatakan bahwa keberadaan KAL Pelawan akan menambah kekuatan TNI AL, khususnya Lanal TBK dalam melaksanakan patroli di perbatasan.

"Hari ini secara resmi KAL Pelawan telah diterima msyarakat Karimun. Saat ini KAL Pelawan adalah kapal patroli terbesar di Lanal TBK," kata Mandri.

Kapal itu diberi nama Kapal Angkatan Laut (KAL) Pelawan. Nama ini diberikan sebagaimana nama sebuah pantai di wilayah barat Karimun.

"Nama Pelawan diambil dari nama pantai Karimun yang strategis di wilayah barat. Dimana di wilayah barat ini jarang tersentuh oleh patroli," kata Mandri.

Dalam bertugas KAL Pelawan bisa berpatroli penuh atau endurance selama tiga hingga empat hari. Kapal tersebut memiliki panjang 28 meter, dapat melaju dengan kecepatan maksimal 30 knot dan diawaki oleh 15 prajurit TNI AL.

KAL Pelawan juga dilengkapi senjata berkaliber 20 milimeter di haluan dan dua senjata kaliber 12,7 milimeter yang dipasang di samping kiri dan kanan buritan.

"Saya ingatkan kepada pelaku tindakan ilegal you can run, but you cannot hide. Kami memiliki informasi, baik itu dari rekan Dandim ataupun Polres," ucap Mandri.

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang turut hadir, mengatakan Kabupaten Karimun yang berada di daerah terdepan, perbatasan dan terluar NKRI rentan dengan sejumlah tindakan ilegal.

"Tentunya dengan kapal patroli yang lebih besar dan lebih baik ini akan membantu KRI. Dengan adanya KAL Pelawan ini TNI AL khususnya Lanal TBK dapat memberikan suasana yang kondusif di perairan Tanjungbalai Karimun," kata Rafiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews