Tertibnya Penumpang Kapal saat Sidak Prokes Danlanal Karimun

Tertibnya Penumpang Kapal saat Sidak Prokes Danlanal Karimun

Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi saat sidak di pelabuhan antarpulau Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Lemahnya penerapan protokol kesehatan di transportasi laut dari dan menuju Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau sempat menuai sorotan.

Namun, pemandangan pada Jumat (25/12/2020) pagi di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun sontak berubah menyusul inspeksi mendadak oleh Tim Satgas Laut Pengendalian Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun.

Sidak yang dipimpin langsung Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi berkeliling ke seluruh area Pelabuhan Domestik dan Internasional, serta pelabuhan antar pulau (KPK).

Tidak terjadi penumpukan penumpang dan lancar. Calon penumpang yang akan berangkat, terlihat menunggu di tempat yang telah disediakan dengan penerapan jarak aman.

Kemudian, para calon penumpang juga terlihat menggunakan masker. Namun, untuk anak-anak tampak tidak mengenakan masker.

Maswedi juga berpesan kepada petugas yang ada di pelabuhan untuk selalu mengingatkan calon penumpang menerapkan protokol kesehatan.

"Kita melakukan pemantauan dalam rangka mengantisipasi arus penumpang di pelabuhan-pelabuhan di Karimun dalam rangka natal dan tahun baru," kata Maswedi.

Selain mengantisipasi jumlah penumpang naik cukup signifikan, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap protokol kesehatan, baik itu di area pelabuhan maupun di atas kapal.

"Selain meningkatkan pengamanan, juga meningkatkan protokol Covid, karena masa pandemi ini kita harus tetap waspada dan melaksanakan protokol kesehatan," ujar dia.

Sembari mengecek kondisi pelabuhan, arus penumpang dan protokol kesehatan, Maswedi juga mengecek alat keselamatan di atas kapal maupun speedboat yang akan berangkat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews