Personel Polsek Gunung Kijang Pantau Aktivitas Pengunjung Pantai Trikora

Personel Polsek Gunung Kijang Pantau Aktivitas Pengunjung Pantai Trikora

Personel kepolisian memberikan imbauan kepada pengunjung Pantai Trikora (Foto:Adi/Batamnews)

Bintan - Kepolisian Sektor (Polsek) Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), mengerahkan Personel Pos Pengamanan Operasi Lilin Seligi 2020 untuk mengawasi aktivitas pengunjung wisata di Pantai Trikora.

Kapolsek Gunung Kijang, AKP Monang Parlaguran Silalahi mengatakan, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini membuat kunjungan wisatawan lokal ke Pantai Trikora melonjak. Sehingga sangat rawan dengan aktivitas yang membahayakan seperti korban tenggelam.

"Minggu (27/12/2020) sekitar pukul 15.00 WIB ada salah satu pengunjung yang hampir tenggelam akibat kelelahan dan lemas saat berenang. Beruntung dapat diselamatkan," ujar Monang, Senin (28/12/2020).

Korban yang hampir tenggelam adalah Fadilla (16) asal Kampung Mengkurus, Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang. Sekitar pukul 14.45 WIB, korban bersama teman-temannya berenang di Pantai Trikora 4 Desa Malang Rapat.

Kemudian pada saat berenang korban tiba-tiba kelelahan dan mengalami sakit mata lalu pingsan. Melihat peristiwa tersebut teman-teman korban yang saat itu ikut berenang langsung membantu dengan cara mengangkat korban ke pinggir pantai lalu membawa korban ke atas pondok yang berada di pantai tersebut.

Personel Pos Pengamanan Operasi Lilin 2020 yang dipimpin oleh Ipda Saronto langsung mendatangi TKP dan ikut menyelamatkan. Lalu korban dibaringkan dan diberikan pertolongan cepat, tidak lama kemudian korban tersadar.

"Ketika kondisi korban sudah mulai sehat kembali. Pihak kepolisian menyarankan korban bersama teman-temannya pulang ke rumahnya masing-masing," jelasnya.

Antisipasi terhadap kejadian serupa, pihaknya akan terus melibatkan Personel Pos Pengamanan Operasi Lilin 2020 yang berada di Pantai Trikora.

Nantinya personel tersebut memberikan imbauan dengan pengeras suara dan mendatangi satu persatu pengunjung yang berada di pesisir pantai agar tidak berenang di laut saat ombak kuat khususnya kalangan anak-anak remaja dan ibu-ibu yang membawa anaknya untuk berenang.

Hal itu dilakukan mengingat saat ini memang terjadi perubahan cuaca khususnya di laut dengan musim angin utara yang menyebabkan sewaktu-waktu gelombang tinggi di laut tiba.

Disamping himbauan tersebut, Personel Pos Pam Operasi Lilin di Trikora juga selalu memberikan imbauan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada para pengunjung agar selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menghindari timbulnya kerumunan.

"Saya juga tekankan kepada para pengelola tempat wisata agar mengutamakan prokes dengan menyediakan sarana cuci tangan, pengecekan suhu tubuh serta yang terpenting membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas normal sehingga tidak terjadi kepadatan pengunjung yang mengakibatkan terjadinya kerumunan," pungkas Kapolsek.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews