Tampil Buruk, Arsenal Terancam Degradasi

Arsenal tersingkir secara menyakitkan di babak 32 besar Liga Europa (Foto: Getty Images)

Jakarta - Alan Shearer menyebut Arsenal bisa degradasi dari Premier League jika tak mampu bangkit usai dikalahkan Everton 1-2 pada lanjutan Liga Inggris di Goodison Park, Sabtu (19/12/2020).

Everton unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Rob Holding sebelum mampu menyamakan kedudukan melalui Nicolas Pepe. Yerry Mina membawa tuan rumah unggul 2-1 sekaligus memastikan kemenangan.

Selepas pertandingan, Shearer mengkritik habis-habisan Arsenal yang dianggap tampil tak punya kemauan untuk bekerja keras.

"Mengerikan. Tidak ada kreativitas, para pemain tak bekerja cukup keras, tidak menutup pertahanan dengan bagus," kata Shearer dikutip Daily Mail.

Pelatih The Gunners disebut terancam pemecatan karena para pemain Arsenal yang tak mampu bermain sesuai ekspektasi.

"Mikel Arteta sepantasnya khawatir harus bergantung pada kumpulan pemain seperti itu padahal sedang berusaha menyelamatkan pekerjaannya," ujar Shearer.

Saat ini Arsenal terpuruk di peringkat ke-15 klasemen sementara Liga Inggris dengan perolehan 14 poin atau hanya berjarak empat poin dari Burnley yang berada di zona degradasi.

Shearer menyebut bukan tak mungkin Meriam London terdegradasi jika kesulitan untuk memenangkan pertandingan meski memiliki para penyerang top seperti Pirerre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

"Saya tidak begitu yakin (Arsenal tak akan terdegradasi), tidak dengan tim dan sikap pemain seperti itu," ujar legenda Newcastle United itu.

(ruz)