https://www.batamnews.co.id

Liverpool Gasak Crystal Palace 7-0

Liverpool berhasil membungkam Palace 7-0 (Foto:ist/AP)

London - Liverpool mengamuk di kandang Crystal Palace. Begitu 90 menit pertandingan tuntas, The Reds menang tujuh gol tanpa balas.

Pada pertandingan Crystal Palace vs Liverpool di Selhurts Park, Sabtu (19/12/2020) malam WIB, tim tamu sudah unggul 3-0 di babak pertama lewat Takumi Minamino, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Memasuki babak kedua, Liverpool menambah empat gol lewat Jordan Henderson, gol kedua Firmino, dan sepasang gol Mohamed Salah. Liverpoool melebarkan jarak di puncak klasemen dari Tottenham Hotspur jadi enam angka, dengan total 31 poin dari 14 laga.

Sementara itu, Palace di posisi ke-12 dengan 18 poin.

Jalannya pertandingan

Baru tiga menit laga berjalan, Liverpool sudah membuka keunggulan lewat Takumi Minamino. Diawali bola silang dari Trent Alexander-Arnold ke kotak penalti yang diterima baik oleh Sadio Mane.

Mane lantas mengoper ke Minamino di dekatnya. Usai mengecoh Nathaniel Clyne, Minamino menyepak bola ke tiang jauh gawang Vicente Guaita.

Kebobolan cepat malah membuat Palace tersentak dan langsung menekan pertahanan Liverpool. Salah satunya dari Luka Milivojevic yang melepaskan sepakan keras pada menit ke-17, tapi bola yang mengarah ke pojok kiri gawang bisa ditepis Alisson Becker.

 

Palace kembali punya kans bikin gol di menit ke-28. Milivojevic kembali memberikan umpan silang yang disambut tandukan Jordan Ayew, namun tepat di tangkapan Alisson.

Gawang Alisson kembali terancam di menit ke-32. Jeffrey Schlupp mendapat umpan dari Ebe Eze dan dituntaskan dengan sepakan kaki kanannya, yang memaksa Alisson merenggangkan tangan untuk menepisnya.

Liverpool yang terus diserang malah menambah keunggulan di menit ke-35. Roberto Firmino mengoper bola kepada Mane yang dengan mudah mencetak gol dengan kaki kanan dari jarak dekat.

Zaha sempat mengancam gawang Liverpool lewat sepakan dari jarak 20 yard, tapi masih melebar. Tim tamu memperlebar skor jadi 3-0 lewat Firmino di menit ke-44.

Andrew Robertson mengirim bola dari sisi kiri ke Firmino. Menguasai bola dengan kaki kanan, Firmino menyudahi sontekan jarak dekat yang menaklukkan Guaita.

Skor tersebut menutup babak pertama.

Masuk di babak kedua, Liverpool menaikkan lagi intesitas serangan. Tujuh menit setelah jeda, Jordan Henderson ikut menyumbang gol saat sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti menembus jala Palace.

Liverpool lantas memasukkan Salah untuk menggantikan Mane. Pemain Senegal itu terlihat kesal saat digantikan karena masih ingin bermain. Minamino membuang peluang emas dari jarak dekat pada menit ke-59, ketika sepakannya usai mendapat umpan Keita melebar.

 

Tuan rumah makin terbenam saat Firmino membuat gol keduanya pada menit ke-68 sekaligus membaut Liverpool memimpin 5-0. Dari serangan balik cepat, Salah mengirimkan bola kepada Firmino yang mudah saja menjebol jala Guaita lewat sepakan cungkil di kotak penalti.

Liverpool belum berhenti bikin gol ketika Salah ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-81. Diawali korner yang disundul Matip, bola mengarah ke Salah di depan gawang dan dikirim ke gawang dengan kepalanya.

Salah malah mencatatkan gol keduanya tiga menit berselang. Alex Oxlade Chamberlain memberikan bola dari sisi kiri ke Salah di kanan, yang diakhiri sepakan melengkung dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Palace.

Liverpool mengakhiri laga dengan kemenangan 7-0.

Susunan pemain Crystal Palace vs Liverpool

Crystal Palcae: Vicente Guaita; Nathaniel Clyne, Cheikou Kouyate (James Tomkins 62'), Gary Cahill, Patrick van Aanholt; Jeffrey Schlupp; Luka Milivojevic, James McArthur (Jairo Riedewald 75'), Eberechi Eze (Michy Batshuayi 69'); Wilfried Zaha, Jordan Ayew.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Fabinho, Andy Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (Curtis Jones 69'), Naby Keita; Takumi Minamino, Roberto Firmino (Alex Chamberlain 75'), Sadio Mane (Mo Salah 57').

(ruz)