Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub Kepri di KPU Batam, 3 PPK Perbaiki Data

Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub Kepri di KPU Batam, 3 PPK Perbaiki Data

Ketua KPU Batam, Herigen. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Pleno hasil rekapituasli suara Pilgub Kepri dan Pilwako Batam digelar KPU Kota Batam, Rabu (16/12/2020).

Saat ini masih dilakukan pembacaan rekapitulasi pilgub oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) secara bergantian. Baru tiga PPK yang sudah membacakan hasil rekap mereka.

Ketua KPU Batam, Herigen menuturkan, pleno untuk perolehan suara pilwako baru dimulai setelah pleno rekapitulasi suara pilgub rampung.

“Sejauh ini rapat pleno berlangsung baik, tidak ada kendala berarti,” ujar Herigen saat jeda.

Tiga PPK yakni Galang, Bulang dan Belakangpadang sudah selesai membacakan hasil rekapitulasi mereka. Ada perbaikan data namun tidak mempengaruhi perolehan suara.

“Jadi ada administrasi yang diperbaiki, pemahaman KPPS surat suara tidak dikembalikan dengan surat-surat salah coblos, sehingga dua kali hitung,” katanya.

Dalam rapat tersebut kemudian dibahas dan diperbaiki, pihak saksi masing-masing pasangan calon (paslon) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga tidak ada sanggahan.

Mengenai skorsing yang dilakukan karena salah satu saksi paslon yang belum hadir, Herigen menjelaskan skorsing dilakukan untuk memberi kesempatan saksi paslon tersebut untuk hadir.

“Tetapi sampai masa skorsing selesai, saksi paslon belum hadir, namun tidak lama berselang, mereka akhirnya hadir dan bergabung dalam rapat pleno,” jelasnya.

Proses pleno rekapitulasi suara sampai saat ini masih berlanjut, Herigen menyampaikan setelah pleno selesai dilakukan, pihaknya akan membuat berita acara dan menyerahkan ke KPU Provinsi Kepri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews