KM Tanpa Nama Bermuatan BBM Ilegal Diamankan Polda Kepri

KM Tanpa Nama Bermuatan BBM Ilegal Diamankan Polda Kepri

KM Tanpa Nama diamankan karena dugaan memuat BBM Ilegal jenis solar tanpa izin dan dokumen lengkap. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Sebuah kapal pemasok BBM ilegal, KM Tanpa Nama diamankan Polairud Polda Kepri. Kapal tersebut terngah belayar dari Perairan Batu Berhenti, Kecamatan Belakang Padang menuju Perairan Nongsa.

Nakhoda, Chrismion bersama 3 ABK lainnya diamankan. Mereka terjaring patroli yang dilakukan kapal Baharkam Mabes Polri, KP Anis Madu-3009.

Dirpolair, Kombes Pol Reinhard Gultom mengatakan petugas memeriksa dokumen dan muatan kapal. 

“Kapal itu berlayar tanpa dilengkapi dengan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dikeluarkan oleh Syahbandar,” ujar Gultom, Sabtu (5/12/2020).

Kapal itu memuat BBM jenis solar tanpa dokumen. “Dari pengakuan mereka, solar tersebut diambil dari kapal yang berada di perairan Batu Berhenti.  Mereka beli dari Muhamad Amin, dia salah satu ABK di kapal KM. Tanpa Nama tersebut, merangkap pengurus muatan,” kata Gultom.

Rencananya, BBM akan dijual kembali kepada Erwin. Petugas juga mengamankan Erwin setelahnya. KM Tanpa nama kemudian diamankan ke Dermaga Ditpolairud Polda Kepri di Sekupang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews