Pembagian Filariasis di Lubuk Baja Rendah, Warga Perumahan Elite Sukajadi Kena Kaki Gajah

Pembagian Filariasis di Lubuk Baja Rendah, Warga Perumahan Elite Sukajadi Kena Kaki Gajah

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pemerintah Kota Batam akan mendahulukan pembagian obat kaki gajah di empat Puskesmas di Batam. Keempat Puskemas tersebut antara lain Puskesmas Lubuk Baja, Batuaji, Bengkong dan Sei Langkai.

Pembagian obat kaki gajah ini adalah tahun ketiga. Puskesmas di empat wilayah ini mulai membagikan obat kaki gajah atau filariasis pada bulan September.

Sedangkan daerah lain baru mulai di bulan Oktober mendatang. Dinas Kesehatan Kota Batam menemukan penderita penyakit kaki gajah di perumahan elite Sukajadi, Baloi, Lubuk Baja Batam.

“Empat puskesmas didahulukan. Mereka curi start karena tahun lalu capaian di daerah ini masih rendah, hanya 18-37 persen. Padahal minimalnya 65 persen. Daerah lain seperti Tiban, Sambau, Sei Pancur itu sudah bagus, sudah lebih dari 65 persen, bahkan sampai 78 persen,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Batam, Sri Rupiati.

Menurut Sri, setelah berjalan satu bulan, barulah dicek kembali pencapaiannya. Bila tidak memenuhi target, maka tim akan turun dari rumah ke rumah untuk memaksa warga minum obat kaki gajah ini.

“Dipaksa, harus minum. Kalau nggak kan bisa tertular nanti. Kecuali untuk yang punya riwayat penyakit asma, anak kurang dari 2 tahun, atau penyakit tua kronis,” ujar Sri.

Ia mengatakan bulan Oktober nanti merupakan Bulan Eliminasi Kaki Gajah. Ini sebagai langkah mewujudkan target tahun 2020 Indonesia bebas dari filariasis. Bebas dalam artian tidak ada lagi penularan penyakit ini ke depannya.

Sri menjelaskan dibutuhkan waktu sampai lima tahun untuk pengobatannya karena sifatnya yang memang harus terus-menerus. Sehingga terbentuk ketahanan tubuh layaknya imunisasi.

“Di Batam saat ini ada 14 orang yang terdeteksi kena kaki gajah. Mata rantainya itu, mengguntingnya pakai obat. 2020 Indonesia harus bebas, masa kalah sama Vietnam,” kata dia seperti dirilis media centre.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews