Masih Positif, Tiga Pasien di Natuna Disimpulkan Sembuh

Masih Positif, Tiga Pasien di Natuna Disimpulkan Sembuh

Ilustrasi.

Natuna -  Sebanyak 6 pasien yang sebelumnya dikarantina karena positif Covid19 di Natuna, dinyatakan tim gugus tugas sembuh. Mereka diizinkan kembali beraktivitas biasa.

Menariknya, kendati disimpulkan sembuh, sebenarnya ada tiga pasien yang hasil swab lanjutannya masih menunjukkan gejala positif.

Juru bicara Tim Gugas Natuna, Hikmat Aliansyah menjelaskan jika hal itu karena masih ada sisa virus. Namun tidak dianggap sebagai pasien yang bisa menularkan lagi.

"Iya memang ada yang masih positif. Kemungkinan (hal ini) karena masih ada sisa virus yang mati. Tapi sesuai revisi 5 Permenkes, yang sudah karantina 14 hari (tanpa gejala) dinyatakan sembuh," terang Hikmat, Rabu (18/11/2020) kepada Batamnews.

Hikmat mengakui, swab terakhir dari enam pasien yang dinyatakan sembuh itu, ada tiga diantaranya yang masih tercatat positif.

"Tapi berdasarkan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dan sesuai juknis rev 5, maka dianggap sembuh karena sudah melewati 14 hari tanpa adanya gejala (gangguan kesehatan). Berdasarkan penelitian itu tidak lagi menularkan virus," jelasnya.

Para pasien yang dinyatakan sembuh itu yakni pasien 03, 04, 05, 06, 07 dan 08.

"Iya mereka memang dinyatakan sembuh secara teknis dan bisa kembali beraktivitas. Tapi tentunya tetap harus memakai masker," terang Hikmat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews