10 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

10 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Ilustrasi

Jakarta - Bagi sebagian orang, mengambil langkah diet untuk menurunkan berat badan merupakan salah satu hal tersulit. Memikirkan diet ketat, mengatur pola makan sedemikian mungkin, tapi kemudian tak sedikit yang berujung gagal.

Salah satu penyebab kegagalan itu adalah pola pikir yang ingin menurunkan berat badan dengan cara instan. Padahal, diet dengan cara instan memiliki beberapa dampak bagi metabolisme tubuh.

Untuk itu, jika memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, langkah pertama yang bisa dilakukan yakni membuat perubahan sederhana pada gaya hidup.

Berikut beberapa tips menurunkan berat badan yang bisa Anda coba, tanpa terasa melakukan diet, sebagaimana dilansir dari WebMD.

1. Makan sarapan setiap hari

Sarapan setiap hari merupakan kebiasaan yang umum terjadi pada banyak orang yang mengalami penurunan berat badan dan berhasil mempertahankannya.

"Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori, tetapi mereka biasanya makan lebih banyak sepanjang hari, kata Elizabeth Ward, penulis The Pocket Idiot's Guide to the New Food Pyramids.

Ward mengatakan bahwa sebuah studi menunjukkan orang yang makan sarapan memiliki body mass index (BMI) lebih rendah daripada orang yang melewatkan sarapan.

Cobalah semangkuk sereal gandum dengan taburan buah serta produk susu rendah lemak untuk mengawali hari Anda dengan cepat dan bergizi.

 

2. Tutup dapur di malam hari

Tetapkan waktu di mana Anda akan berhenti makan agar Anda tidak menyerah pada kudapan larut malam atau ngemil sembarangan sambil menonton televisi.

"Minumlah secangkir teh, hisap sepotong permen keras atau nikmati semangkuk kecil es krim ringan atau yogurt beku jika Anda menginginkan sesuatu yang manis setelah makan malam, tetapi kemudian sikat gigi sehingga Anda tidak akan makan atau minum apa pun lagi," saran Elaine Magee, penulis Comfort Food Makeovers.

3. Pilih kalori cair dengan bijak

Minuman manis mengandung banyak kalori, tetapi tidak mengurangi rasa lapar seperti halnya makanan padat. Puaskan dahaga Anda dengan air, sparkling water dengan jeruk, skim atau susu rendah lemak, atau jus buah dalam porsi kecil.

Selain itu, cobalah segelas jus sayuran bergizi dan rendah kalori untuk menahan lapar di antara waktu makan. Hati-hati dengan kalori alkohol, yang bertambah dengan cepat.

4. Makan kaya nutrisi

Makan banyak buah dan sayuran rendah kalori dan bervolume tinggi menghalangi makanan lain yang lebih tinggi lemak dan kalori.

Penulis The Volumetrics Eating Plan, Barbara Rolss menyarankan untuk menggeser daging dari tengah piring Anda dan tumpuklah sayuran. Atau coba mulai makan siang atau makan malam dengan salad sayuran atau semangkuk sup kaldu.

"Isi dapur Anda dengan banyak buah dan sayuran dan pada setiap makanan dan kudapan, sertakan beberapa porsi," timpal Ward.

 

5. Gandum

Dengan mengganti biji-bijian utuh seperti roti dan pasta gandum utuh, serta nasi merah akan menambahkan serat yang sangat dibutuhkan dan membuat cepat kenyang sehingga Anda cenderung makan dengan porsi yang wajar.

6. Kontrol lingkungan anda

Strategi sederhana lainnya untuk membantu mengurangi kalori adalah dengan mengontrol lingkungan Anda.

Mulai dari mengisi dapur Anda dengan banyak pilihan sehat hingga memilih restoran yang tepat. Itu berarti menghindari godaan dengan menjauhi restoran makan sepuasnya.

Dan ketika datang ke pesta Ward menyarankan untuk makan camilan sehat sebelumnya agar Anda tidak kelaparan serta lebih selektiflah saat Anda mengisi piring di prasmanan.

Sebelum kembali untuk makan lebih banyak, tunggu setidaknya 15 menit dan minum segelas besar air.

7. Gunakan wadah makan kecil

Mengurangi porsi Anda sebesar 10-20 persen akan menurunkan berat badan. Sebagian besar porsi yang disajikan baik di restoran maupun di rumah lebih besar dari yang Anda butuhkan.

Penulis Mindless Eating, Brian Wansink menyarankan untuk mengontrol makanan Anda dengan menggunakan mangkuk, piring, dan cangkir kecil.

"Anda tidak akan merasa kekurangan karena makanan akan terlihat berlimpah di atas peralatan makan yang mungil," katanya.

 

8. 10 ribu langkah sehari

Perbanyak langkah Anda setiap hari, setidaknya 10 ribu langkah kaki per hari.

Sepanjang hari, coba lakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjadi lebih aktif, seperti berjalan sambil berbicara di telepon hingga mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan lebih lama.

9. Kandungan protein di setiap makan

Menambahkan sumber protein tanpa lemak atau rendah lemak ke setiap makanan dan camilan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan.

Cobalah yogurt rendah lemak, kacang-kacangan dalam porsi kecil, selai kacang, telur, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. Para ahli juga merekomendasikan makan kecil, sering makan dan camilan (setiap 3-4 jam), untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan menghindari makan berlebihan.

10. Cari alternatif makanan

Magee mengatakan bahwa Anda dapat memangkas kalori dengan mudah jika menggunakan produk rendah lemak dan ringan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews