Bintan Peringkat Pertama Daerah Paling Inovatif di Kepri, Lingga Paling Bawah

Bintan Peringkat Pertama Daerah Paling Inovatif di Kepri, Lingga Paling Bawah

Kepala Bapelitbang Bintan, Moh. Setioso (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang inovatif. Penghargaan ini akan diberikan dalam acara malam puncak Anugerah `Innovative Government Award 2020` di Jakarta Pusat.

Dalam anugerah ini, Kabupaten Bintan berhasil meraih indeks tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sedangkan untuk posisi terakhir dari 7 kabupaten/kota di Kepri ada Kabupaten Lingga.

Kepala Bapelitbang Bintan, Moh. Setioso mengatakan bahwa penghargaan diberikan untuk daerah yang telah berinovasi melalui program-program yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Ia mengatakan, Kabupaten Bintan masuk dalam nominasi peraih penghargaan terinovatif tersebut.

"Alhamdulillah, Kabupaten Bintan masuk dalam daerah dengan status daerah yang sangat inovatif. Bintan menduduki rangking pertama di Provinsi Kepri sebagai daerah perbatasan yang terinovatif dan ranking ke 54 dari seluruh Kabupaten/Kota Terinovatif di Indonesia," ujar dia kepada Batamnews, Rabu (4/11/2020).

Menurutnya, data situs https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/ menunjukkan bahwa Kabupaten Bintan memiliki 72 inovasi dengan indeks skor mencapai 7.046 poin. Sedangkan diposisi kedua diraih Kabupaten Pulau Morotai dengan skor 5337 poin dan posisi ketiga diperoleh Kabupaten Natuna dengan skor 3596 poin. Lalu Kabupaten Bengkalis dengan skor 2472 poin.

"Untuk Kategori Daerah Perbatasan Kabupaten Bintan indeks tertinggi di Indonesia," katanya.

Berikut ranking daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri berdasarkan Inovasi Litbang Kemendagri yaitu:

1. Kabupaten Bintan, rangking 54 skor 7.046 points.
2. Kabupaten Natuna, rangking 89 skor 3596 points.
3. Kota Batam, ranking 122, skor 2393 points.
4. Kabupaten Karimun rangking 325 , skor 80 points.
5. Kota Tanjungpinang ranking 351, skor 56 points.
6. Kabupaten Anambas ranking 416, skor 31 points.
7. Kabupaten Lingga Rangking 461, skor 3 points.

(ary)