Tips Aman Berolahraga bagi Lansia di Tengah Pandemi Corona

Tips Aman Berolahraga bagi Lansia di Tengah Pandemi Corona

Ilustrasi.

Jakarta - Selama pandemi Covid-19 berlangsung, banyak orang yang lebih sering berolahrga. Selain mengisi waktu luang saat lebih banyak di rumah, olahraga juga dipilih untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dokter spesialis orthopedi RS Siloam Semarang dr Irissandya Dyah Atisuksma SpOT mengatakan pada lansia olahraga juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan agar selalu bugar dan menyehatkan tubuh.

Meski demikian, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan oleh lansia saat olahraga di tengah pandemi. Apa saja itu?

"Sama seperti orang muda, sebelum berolahraga lansia harus memperhatikan beberapa hal, yaitu tidak sedang pusing atau sakit kepala, tidak sesak, tidak demam, dan tekanan darah baik, dan tidak sedang nyeri sendi berat serta tidak nyeri punggung berat," ujar dia dilansir Suara.com---jaringan Batamnews, Senin, (26/10/2020)

Untuk itu, apabila hanya sempat berolahraga pada malam hari, sebaiknya diberikan jeda dua jam sebelum tidur. Sebaiknya, lansia juga konsisten berolahraga secara rutin, hindari berolahraga kompetisi, kenakan pakaian yang tepat, dan membawa air minum.

Sementara itu, pilihan olahraga yang aman untuk lansia adalah berjalan kaki, jogging, berenang, bersepeda, dan golf.

“Bagi lansia yang harus diwaspadai saat berolahraga adalah apabila terjadi keluhan atau mengalami nyeri sendi lutut, osteoarthritis, nyeri punggung, Hernia Nucleus Pulposus, nyeri menjalar ke kaki,” tutupnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews