Bapelkes Batam Jadi Lokasi Karantina Pasien Corona

Bapelkes Batam Jadi Lokasi Karantina Pasien Corona

Gedung Bapelkes Batam di kawasan Marina, Sekupang. (Foto: IG Bapelkes Batam)

Batam - Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Batam menyiapkan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di kawasan Marina, Sekupang untuk menjadi tempat karantina bagi pasien Covid-19. 

Langkah ini diambil menyusul penuhnya kapasitas Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan lokasi tersebut sudah layak setelah ia bersama rombongan mengecek langsung ruang inap di Bapelkes tersebut. Namun, hal itu perlu diambil keputusan bersama.

"Masih dirapatkan kembali untuk memutuskan bersama mengenai rencana persiapan tersebut,” ujar Jefridin, Senin (26/10/2020). 

Ia menyebutkan Bapelkes memiliki 70 ruang inap yang masing-masing terdiri dua ra ranjang. Dan bisa menampung 140 orang pasien di tempat tersebut. Selain itu, ada tujuh kamar khusus bagi tim medis yang akan merawat pasien.

"Sehingga pasien yang tidak tertampung di rumah sakit rujukan dan RSKI Batam bisa dikarantina di sini (Bapelkes)," kata dia.

Jefridin mengaku, Batam butuh banyak tempat sebagai lokasi karantina. Hal ini juga, kata dia, untuk menjawab permintaan pengusaha dan Himpunan Kawasan Industri (HKI). 

Karena HKI berencana melakukan tes swab Covid-19 terhadap seluruh pekerja di kawasan industri anggotanya, demi mengetahui kondisi kesehatan sekaligus upaya meminimalkan potensi penularan di lingkungan perusahaan.

"Untuk itu, kita terus carikan lokasi karantina, sebagai bentuk antisipasi penanganan pekerja yang dinyatakan positif Covid-19," kata dia.

Sebelumnya diberitakan penambahan pasien Covid-19 cukup signifikan, puncaknya dalam sehari ada 140 orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, dominan berasal dari klaster karyawan swasta di kawasan Muka Kuning. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews