Operasi Zebra Seligi 2020 Mulai 26 Oktober

Operasi Zebra Seligi 2020 Mulai 26 Oktober

Operasi Zebra di Tanjungpinang. (Foto: Dok/Batammews)

Batam - Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri akan melaksanakan Operasi Zebra Seligi 2020. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Oktober hingga 8 November 2020.

 

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Mujiyono mengatakan, operasi Zebra Seligi kali ini akan berbeda dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan selama pandemi Covid-19.

"Nantinya, kami lebih meningkatkan kegiatan pada patroli saja," ujar Mujiyono, Kamis (22/10/2020).

Mujiyono menjelaskan, patroli yang dimaksud pada pelaksanaan operasi seligi kala pandemi ini, memiliki metode dan pendekatan berbeda. Nantinya, polisi akan lebih mengutamakan edukasi dan imbauan ke masyarakat.

"Selain imbauan dan edukasi mengenai lalu lintas. Anggota juga menyampaikan mengenai protokol kesehatan," katanya.

Mujiyono mengaku tidak ada prioritas pelanggaran yang akan ditindak kepolisian. Namun dia memastikan bahwa setiap pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, tetap akan dilakukan penindakan.

"Kami ditekankan itu untuk penerapan protokol kesehatan serta kesehatan para pengendara," tuturnya.

Operasi Zebra Seligi 2020 ini, akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran lantas yang ada di Polda Kepri, Polresta, dan Polres-Polres.

"Minggu depan itu ada libur panjang, saya ingatkan ke masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas. Lalu juga berhati-hati di jalan," kata Muji.

Walaupun tidak akan dilakukan razia seperti biasanya, Mujiyono berharap masyarakat tetap mematuhi aturan berlalu lintas. Kepada pengendara motor, diminta agar selalu menggunakan helm saat berkendara. Lalu ke pengendara mobil juga diminta selalu menggunakan safety belt.

"Jangan menerobos lampu merah, melawan arus, selalu membawa surat-surat kendaraan dan SIM. Patuhi juga aturan berlalu lintas lainnya dan jangan lupa memakai masker,” ucapnya.

(ude)