RDDK Karimun Gelar Aksi Sosial Donor Darah

RDDK Karimun Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Ilustrasi

Karimun - Relawan Donor Darah Kepulauan Riau (RDDK) Koordinator Wilayah (Korwil) Karimun, melakukan kegiatan donor darah yang telah lama tertunda karena pandemi Covid-19. Aksi ini digelar di bilangan Pasar Puan Maimun, Karimun, Minggu (18/10/2020).

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat itu dalam rangka HUT Ke-2 RDDK. Aksi sosial ini pun mendapat respon positif dari masyarakat.

"40 orang telah berpartispasi mendonorkan darah, 37 laki-laki dan 3 perempuan. Alhamdulillah," kata Ketua RDDK Korwil Karimun, Muliono.

Sebanyak 40 kantong darah yang berhasil terkumpul itu akan diserahkan ke UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Karimun. Diketahui, stok darah di UDD PMI Karimun menipis akibat pandemi Covid-19.

Kemudian, disebutkan juga bahwa ada sebanyak 16 orang yang ingin mendonorkan darah, tidak bisa dilakukan pengambilan darah dengan alasan tertentu.

"Tentu tidak semua pendonor dapat melakukan pengambilan darah, karena ada yang memiliki masalah pada kesehatannya," ucapnya.

Diketahui, RDDK korwil Karimun sebelumnya juga telah melakukan kegiatan serupa di Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun pada 4 Oktober 2020 lalu.

Kegiatan donor darah itu, disebutkan Muliono adalah sebagai bentuk dan upaya untuk membantu pemerintah dalam ketersediaan stok darah bagi masyarakat. Oleh sebab itu, RDDK Karimun akan terus berupaya menggelar kembali kegiatan donor darah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews