Seorang Anggota DPRD Lingga Positif Corona

Seorang Anggota DPRD Lingga Positif Corona

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Lingga - Seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lingga, Tn. TN (57) dan istrinya Ny. SY (55) terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19). Mereka yang merupakan warga Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep ini ditetapkan sebagai pasien 04 dan 05.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, keduanya dinyatakan positif Corona setelah hasil pemeriksaan Swab RT-PCR yang dilakukan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam keluar.

"Yang bersangkutan punya riwayat perjalanan ke Batam. Beliau berangkat dari Batam ke Dabo pada tanggal 11 Oktober. Pada tanggal itu, yang bersangkutan juga mengeluh batuk, filek dan malaise," ujar Wirawan kepada Batamnews, Minggu (18/10/2020) malam.

Kemudian jelasnya, pada tanggal 15 Oktober dilakukan pengambilan Swab H-1 dan pada 16 Oktober dilakukan pengambilan Swab H-2 yang selanjutnya dikirim ke BTKLPP Kelas I Batam.

Pada tanggal 17 Oktober hasil Swab tersebut keluar dan Tn. TN dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, saat ini yang bersangkutan tidak menunjukkan peningkatan gejala.

"Saat ini yang bersangkutan melaksanakan isolasi mandiri di rumah karantina sementara Kabupaten Lingga, yakni Pagoda Dabo. Pemantauan kesehatan dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Dabo Lama dan Dinas Kesehatan," jelasnya.

Sementara itu, Ny. SY sendiri pada tanggal 8 Oktober berangkat dari Pekanbaru ke Kota Batam. Selanjutnya, dari Batam yang bersangkutan berangkat ke Dabo pada tanggal 11 Oktober.

"Pada tanggal 11 Oktober itu, Ny. SY juga mengeluh batuk dan demam. Kemudian pada tanggal 15 dan 16 Oktober juga dilakukan pengambilan Swab untuk kemudian dikirim ke BTKLPP Batam. Hasilnya keluar pada tanggal 17 Oktober dan juga positif," sebut Wirawan.

Ny. SY kata Wirawan juga tak menunjukkan peningkatan gejala. Saat ini, yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumah karantina sementara Kabupaten Lingga sama dengan lokasi suaminya.

"Saat ini sedang dilakukan tracking oleh Tim Surveilans Puskesmas Dabo Lama dan Dinas Kesehatan sebagai upaya untuk menemukan kontak erat terhadap pasien," ucapnya.

Meski demikian, Wirawan berharap masyarakat Kabupaten Lingga tetap tenang, namun selalu siaga dan waspada. Disiplin pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

(ruz)