Bawaslu: Semoga Tak Ada Lagi ASN Lingga yang Tak Netral

Bawaslu: Semoga Tak Ada Lagi ASN Lingga yang Tak Netral

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar apel bersama dan Deklarasi Gerakan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lapangan Kantor Bupati Lingga, Jumat (16/10/2020).

Kegiatan yang dipimpin Pejabat sementara (Pjs) Bupati Lingga, Juramadi Esram itu diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan, Bagian, PTT, serta THL di lingkungan Pemkab Lingga.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pembacaan ikrar dan penandatanganan ikrar netralitas ASN. Sebagai pelayan publik, ASN diminta untuk netral di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020.

Aksi yang digelar Pemkab Lingga itu pun mendapat apresiasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

"Kami berharap semoga dengan adanya deklarasi ini tidak ada lagi ASN dan PTT Kabupaten Lingga yang tidak netral atau menunjukan keberpihakan ke salah satu pasangan calon selama masa Pilkada tahun 2020 ini," ucap Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni kepada Batamnews, Sabtu (17/10/2020).

Sebelumnya, Pjs Bupati Lingga mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen Pemkab Lingga dalam menjaga netralitas ASN pada Pilkada Serentak 2020, dan merupakan prinsip utama dari Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 2 tentang ASN.

“ASN wajib melandaskan asas netralitas. ASN tidak boleh berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapa pun," ucap Juramadi Esram saat memimpin Deklarasi Gerakan Netralitas ASN tersebut.

Juramadi melanjutkan, sebagai pelayan publik, ASN wajib menjaga netralitas yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil, dan diwajibkan menerapkan disiplin sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010.

Baca: Pemkab Lingga Deklarasi Gerakan Nasional Netralitas ASN di Pilkada

(ruz)
Komentar Via Facebook :