Bukan Janda Bolong, Ini Tanaman Hits Asli RI Rekomendasi Ahli

Bukan Janda Bolong, Ini Tanaman Hits Asli RI Rekomendasi Ahli

Tanaman hias monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via Detikcom

Batam - Kegiatan berkebun akhir-akhir ini memang kembali menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya dari luar, ternyata Indonesia juga memiliki ragam tanaman yang memesona.

Tanaman tersebut bisa menjadi rekomendasi untuk para pecinta tanaman. Selain bentuknya yang cantik, tanaman hias dari Indonesia ini juga langka dan unik.

Berikut beberapa tanaman hias asal RI yang bisa dijadikan koleksi di tengah pandemi Corona menurut Yuzammi, Peneliti Sistematik dan Taksonomi LIPI kepada CNBC Indonesia.

Aglaonema

Tanaman hias aglaonema atau biasa disebut aglonema saat ini sedang banyak diburu para pencinta tanaman hias. Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang keindahannya dilihat dari daunnya.

Aglaonema merupakan tanaman yang sudah lama ada di Indonesia. Sebelum nama aglaonema ngetren, orang Indonesia mengenal beberapa spesies dari aglaonema dengan sebutan sri rejeki.

 

Aglaonema CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

 

Alocasia

Merupakan tanaman favorit, Alocasia merupakan genus yang tergolong dalam famili Araceae. Tanaman ini masih satu keluarga dengan Aglaonema, Caladium, dan Anthurium.

Secara umum Alocasia merupakan tanaman yang tumbuh dengan sinar matahari yang parsial. Alocasia termasuk tanaman dengan jumlah varian cukup banyak mencapai lebih dari 70-an jenis.

 

Alocasia (Ist Shopee)

 

Rhaphidophora

Rhaphidophora Pertusa adalah pendatang baru jenis tanaman hias dan sangat diminati. Rhaphidophora disebut sebagai mini monstera karena terlihat seperti versi miniatur dari Monstera Deliciosa.

Kendati dianggap langka di alam, tetapi Rhaphidophora pertusa termasuk minim perawatan.

 

Monstera rhaphidophora (Ist Shopee)

 

Scindapsus

Scindapsus adalah tanaman hias hijau langka yang tidak mudah ditemukan tetapi menjadi tren di dunia botani. Ada dua jenisnya yakni Scindapsus Moonlight dan Scindapsus Dark form dan merupakan tumbuhan merambat.

 

Scindapsus (Ist Amazon.com)

 

 

 

Homalomena

Homalomena adalah tanaman tropis luar biasa yang tumbuh dengan baik dalam kondisi dalam ruangan. Homalomena memiliki sekitar 150 subspesies berbeda.

Terkadang tanaman yang indah ini sering dibandingkan dengan dieffenbachia (daun bahagia). Tanaman ini bergantung pada subspesies bunga, daun dan segala macam variasi corak, bentuk dan parameter. Homalomena lebih menyukai cahaya alami yang menyebar dan akan tumbuh buruk di tempat teduh.

 

Tanaman Hias Homalomena (Ist Tokopedia)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews