Warga Kavling Harapan Jaya Bengkong Sadai Inisiasi Gang Hijau, Tujuannya Visioner

Warga Kavling Harapan Jaya Bengkong Sadai Inisiasi Gang Hijau, Tujuannya Visioner

Proses pembibitan untuk menghijaukan lokasi setempat dengan berbagai tanaman. (Foto: ist)

Batam - Sejumlah warga di Kavling Harapan Jaya, Kelurahan Sadai, Bengkong mengisiasi program 'gang hijau'. Hal ini sebagai bentuk kepedulian lingkungan sekaligus edukasi. Efek lainnya yakni terkait UMKM dari Pariwisata

Warga setempat, yang juga relawan Purnomo mengatakan saat ini progresnya sedang dilakukan pembibitan, pembuatan pot masal, dan pelatihan pertamanan bagi warga.

"Kami pengen memberdayakan masyarakat, dan agar lingkungan asri itu juga ada di batam, bukan hanya di daerah jawa," ucapnya kepada Batamnews, Kamis (10/9/2020).

 

Pembuatan pot bunga oleh warga secara swadaya

 

Dikatakan Purnomo, ide itu awalnya hasil rembuk dengan beberapa warga.

"Kamikan kavling baru, Alhamdulillah baru dapat legalitas tanah juga beberapa bulan lalu. jadi saya sama bapak-bapak ini pengen membuat gang hijau dan bersih, tapi kedepannya, arahnya juga membantu ekonomi warga," ucap Purnomo.

Kebetulan menurutnya, di lingkungan tersebut ada warga yang ahli pertamanan.

"Kebetulan warga ada yang tukang taman, jadi kita berbagi ide untuk membuat gang kita hijau yang nantinya jangka panjang akan kita kembangkan jadi wisata belanja tanaman hias dan peralatan taman. Sekarang kita sudah produksi puluhan pot dan membibit ratusan tanaman itu masih 25% dari target yang kita rencanakan," jelasnya

 

Gang hijau, di Kavling Harapan Jaya, Bengkong Sadai.

Purnomo menyebutkan, saat ini biaya produksi dilakukan menggunakan iuran warga dan sumbangan dari lurah, dan beberapa pejabat seperti DPRD dan bantuan personal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews