Mengenal Si Janda Bolong, Harganya Bisa Sampai Ratusan Juta

Mengenal Si Janda Bolong, Harganya Bisa Sampai Ratusan Juta

Tanaman hias janda bolong. (Unsplash)

Jakarta - Tanaman hias sudah sejak lama digemari masyarakat. Kali ini, ada primadona baru bernama janda bolong. Tanaman hias satu ini tengah menjadi perbincangan lantaran satu pot tanaman selama pandemi Covid-19 ibisa dijual sampai Rp 100 juta!

Bahkan daun dari tanaman hias dengan nama latin Monstera Adansonii Variegata ini juga laku dijual per lembar dengan harga mencapai Rp 15 jutaan.

Nah, kamu pasti penasaran kan, apa sih istimewanya tanaman hias satu ini sampai memiliki harga jual yang fantastis?

Berikut daftar keistimewaan tanaman hias janda bolong, yang telah suara.com lansir dari berbagai sumber.

1. Daunnya menyimpan kemewahan

Ciri khas janda bolong adalah lubang-lubang yang terdapat pada helai daunnya yang menjari. Para peneliti berspekulasi bahwa lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens.

Lubang itu pula yang membuatnya dinamai janda bolong. Pada daunnya, si janda bolong menaruh kemilau yang tampak mewah.

Sehingga saat dipandang menimbulkan kepuasan tersendiri bagi yang memandangnya.

2. Mudah dirawat

Tanaman berjenis Monstera ini cenderung lebih mudah dirawat. Dengan kondisi cahaya yang minim dan 1-2 kali penyiraman dalam satu minggu, tanaman ini tetap bisa berkembang dengan baik.

Selain itu, janda bolong cenderung tangguh dari berbagai hama dan penyakit.

3. Dapat memperbaiki kualitas udara...

 

3. Dapat memperbaiki kualitas udara

Dari hasil penelitian ternyata tanaman janda bolong dapat memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Konon, tanaman ini juga dikenal mampu mendatangkan suasana kesejukan hutan hujan tropis ke dalam ruangan.

4. Simbol kesejahteraan

Sebagai tanaman rambat yang dapat tumbuh pesat secara vertikal, tanaman ini juga dapat 'menumpang'dengan mudah pada pohon atau medium lain.

Alasan inilah yang membuat janda bolong dipercaya sebagai simbol kesejahteraan, kemakmuran, dan umur panjang oleh masyarakat Tiongkok.

5. Bisa jadi investasi menggiurkan

Melihat tren yang tengah diminati saat ini dan harganya yang terus melonjak, mengoleksi Monstera bisa menjadi salah satu investasi.

Apalagi, jika kamu tertarik membudidayakannya. Apalagi kini, janda bolong kian langka di pasaran, sementara peminatnya terus bertambah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews