Kunjungan Meningkat, Ini Aktivitas yang Disukai Wisatawan Asing di Karimun

Kunjungan Meningkat, Ini Aktivitas yang Disukai Wisatawan Asing di Karimun

Pantai Telunas Moro, Karimun, yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Karimun. (Foto: IST)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Pulau Karimun, Kepri di tahun 2015 meningkat. Namun peningkatan hanya sekitar 1.05 persen. Dinas Pariwisata Seni dan Budaya kabupaten Karimun mencatat kunjungan hanya sekitar 58.790 wisatawan.

Para wisatawan itu ternyata tak hanya mengunjungi tempat wisata di Karimun, namun diantaranya ada yang hanya mengunjungi sanak saudara.

“Alhamdulillah, dunia pariwisata di Karimun ada kenaikan setiap tahun. Walaupun tidak signifikan, akan tetapi ada perkembangan setiap tahunnya,” ujar H Syuryaminsyah Kepala Dinas Pariwisata Senidan Budaya Karimun di Tanjungbalai Karimun.

Kunjungan wisatawan memuncak pada akhir pekan. Beberapa diantaranya juga menggelar bakti sosial.

“Wisatawan yang masuk ke Karimunmelalui pelabuhan International Tanjungbalai Karimun. Tujuan kunjungan ke Moro, Kundur maupun Buru,' ujar dia.

Sedangkan, wisman lainnya seperti biasa mereka berkunjung untuk berwisata di beberapa tempat di pulau Karimun. Dan beberapa diantaranya berburu kuliner khas melayu.

Menurut dia, kuliner di Karimun cukup cocok bagi wisman tersebut, selain harga yang murah.

“Rata-rata dari Malaysia dan Singapura yang datang," ujar pria yang akrab disapa Wakmin ini.

Seorang sopir taksi, Uda para wisatawan asing itu datang pada akhir pekan, dan biasanya mereka sudah memiliki transportasi langganan.

“Kita sudah punya pelanggan masing-masing Bang. Jadi kalau mau ke Karimun, biasa dia bel kita dulu suruh jemput,” ujarnya.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews