Harken Ingatkan Peserta Pilkada Natuna Tak Libatkan Anak-anak dalam Kampanye

Fasilitator Forum Anak Natuna, Harken (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Fasilitator Forum Anak Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Harken mengingatkan agar anak-anak tidak dijadikan sebagai objek kampanye dan menjadi alat untuk mendulang suara bagi pasangan calon (Paslon) tertentu.

Hal ini sejalan dengan telah masuknya tahapan kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Sabtu (26/9/2020).

"Dalam rangkaian kegiatan kampanye yang akan dilaksanakan, sudah harus dipastikan tidak ada lagi kegiatan yang menyimpang dan terorganisir dengan memanfaatkan anak sebagai daya tarik untuk menggalang dukungan baik dilakukan secara online maupun offline," kata Harken, Sabtu (26/9/2020).

Mantan Anggota DPRD Natuna periode 2014-1019 tersebut melanjutkan, sudah seharusnya setiap Paslon dan partai pengusung lebih memperhatikan dan menjaga pemenuhan hak-hak anak dalam menyampaikan materi kampanyenya.

"Kita berharap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 memastikan bahwa pilkada kali ini tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran covid-19," ujarnya.

Harken pun memberi apresiasi dengan terbitnya Surat Edaran Bersama (SEB) terkait Pilkada ramah anak. Ia pun berharap SEB tersebut dapat dihormati dan dilaksanakan dengan rasa penuh tanggungjawab oleh semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Sebab, jika mengacu pada UU 35 Tahun 2014 pasal 20 disebutkan bahwa negara, pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, keluarga, dan orang tua atau wali berkewajiban dan bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.

"Besar harapan kita ini bisa dilaksanakan oleh semua pihak demi kepentingan terbaik buat anak sebagai generasi penerus perjuangan bangsa," pungkas Harken.

(Yan)